PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG

MUCHAMMAD NUR RIFKY AMAL ALFAREZ, 126204202108 (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (444kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang mampunya siswa dalam mengaitkan ilmu matematika dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu kemampuan siswa dalam hal literasi matematika juga masih rendah. Hal ini dikarenakan kurangnya inovasi media yang digunakan guru ketika proses pembelajaran berlangsung. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu adanya inovasi media pembelajaran yang interaktif, mudah digunakan, dan mudah diakses kapanpun dan dimanapun, yaitu e-modul yang dirancang dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika sebagai alternatif untuk memecahkan masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah Pengembangan e-modul dengan Pendekatan STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMPN 2 Ngantru Tulungagung, (2) untuk mendeskripsikan kevalidan e-modul dengan Pendekatan STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMPN 2 Ngantru Tulungagung, (3) untuk mendeskripsikan kepraktisan e-modul dengan Pendekatan STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMPN 2 Ngantru Tulungagung, (4) untuk mendeskripsikan keefektifan e-modul dengan Pendekatan STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMPN 2 Ngantru Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII – A SMPN 2 Ngantru Tulungagung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data meliputi teknik analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan e-modul. Dalam penelitian dan pengembangan ini diperoleh beberapa hasil: (1) langkah Pengembangan e-modul dengan Pendekatan STEM menggunakan model ADDIE diawali dengan tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. (2) kevalidan e-modul dari ahli materi dan ahli media memperoleh persentase sebesar 88% dan 86,6% artinya e-modul dengan pendekatan STEM valid dan layak digunakan. (3) kepraktisan e-modul dari lembar observasi guru, angket respon guru, dan angket respon siswa berturut-turut memperoleh persentase sebesar 80%, 87,2%, dan 85,4% yang artinya e-modul dinyatakan praktis. (4) keefektifan e-modul diperoleh dari hasil pretest posttest siswa. Analisis data dilakukan dengan uji Wilcoxon, dimana hasilnya menunjukkan bahwa nilai signifikansi kurang dari 0,05. Artinya terdapat peningkatan kemampuan literasi matematika siswa setelah menggunakan e-modul dengan pendekatan STEM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul dengan pendekatan STEM efektif untuk digunakan dan dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Sehingga e-modul yang dikembangkan valid dan praktis serta efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa dan untuk menunjang kegiatan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202108 MUCHAMMAD NUR RIFKY AMAL ALFAREZ
Date Deposited: 07 Mar 2025 06:39
Last Modified: 07 Mar 2025 06:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56248

Actions (login required)

View Item View Item