PENGARUH PENETAPAN HARGA, PENANGANAN KELUHAN, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PDAM TIRTA CAHYA AGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

PRAMODYA HANGGARANY, 126402212113 (2025) PENGARUH PENETAPAN HARGA, PENANGANAN KELUHAN, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PDAM TIRTA CAHYA AGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (893kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penetapan Harga, Penanganan Keluhan dan Word of Mouth Terhadap Loyalitas Pelanggan PDAM Tirta Cahya Agung Kabupaten Tulungagung ditinjau dari Perspektif Ekonomi Syariah” ini ditulis oleh Pramodya Hanggarany, NIM 126402212113, dengan dosen pembimbing Dr. Deny Yudiantoro, S.AP., M.M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pelayanan air bersih yang berkualitas dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Namun, berbagai masalah seperti harga yang ditetapkan, kurang optimalnya penanganan keluhan, dan pengaruh word of mouth masih sering menjadi perhatian. Oleh karena itu, faktorfaktor yang memengaruhi loyalitas pelanggan dapat dilihat dari masalah yang terjadi meliputi penetapan harga, penanganan keluhan, dan word of mouth. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menguji pengaruh penetapan harga, penanganan keluhan dan word of mouth terhadap loyalitas pelanggan PDAM Tirta Cahya Agung Kabupaten Tulungagung ditinjau dari perspektif ekonomi syariah; (2) Untuk menguji pengaruh penetapan harga terhadap loyalitas pelanggan pada PDAM Tirta Cahya Agung Kabupaten Tulungagung ditinjau dari perspektif ekonomi syariah; (3) Untuk menguji pengaruh penanganan keluhan terhadap loyalitas pelanggan pada PDAM Tirta Cahya Agung Kabupaten Tulungagung ditinjau dari perspektif ekonomi syariah; (4) Untuk menguji pengaruh word of mouth terhadap loyalitas pelanggan pada PDAM Tirta Cahya Agung Kabupaten Tulungagung ditinjau dari perspektif ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Loyalitas pelanggan sebagai variabel dependen, sedangkan penetapan harga, penanganan keluhan, dan word of mouth sebagai variabel independen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan penyebaran angket atau kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik accidental sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden pelanggan PDAM Tirta Cahya Agung Kabupaten Tulungagung. Metode analisis dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Pengolahan data dengan menggunakan SPSS 30.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Secara simultan bahwa variabel penetapan harga, penanganan keluhan, dan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap loyalitas pelanggan pada PDAM Tirta Cahya Agung Kabupaten Tulungagung; (2) Secara parsial variabel penetapan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PDAM Tirta Cahya Agung Kabupaten Tulungagung; (3) Secara parsial variabel penanganan keluhan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PDAM Tirta Cahya Agung Kabupaten Tulungagung; (4) Secara parsial variabel word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PDAM Tirta Cahya Agung Kabupaten Tulungagung. Kata Kunci: Penetapan Harga, Penanganan Keluhan, Word of mouth, Loyalitas Pelanggan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Harga
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402212113 PRAMODYA HANGGARANY
Date Deposited: 13 Mar 2025 03:54
Last Modified: 13 Mar 2025 03:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56354

Actions (login required)

View Item View Item