Samsul Bakri, 198609142020121006 (2024) Bukti Korespondensi dan Turnitin Artikel Jurnal Aritmatika. Aritmatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Bukti Korespondensi dan Turnitin Artikel Jurnal Aritmatika.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kebutuhan akan pembelajaran berdiferensiasi sangat mendesak karena peserta didik memiliki berbagai macam kemampuan. Motivasi peserta didik juga bermacam-macam dan perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, motivasi pembelajaran dapat ditingkatkan dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan campuran model eksploratory. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, studi dokumentasi dan angket. Analisis data yang digunakan adalah dengan analisis kualitatif yang memakai model Miles, Huberman dan Saldana serta uji anova untuk analisis kuantitatifnya. Hasil penelitian ini adalah: Pendidik di SMPI Al-Munawar melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi sebagai implementasi kurikulum mandiri. Dalam pembelajaran berdiferensiasi di SMPI AlMunawar dilaksanakan dengan modifikasi dan inovasi meskipun merupakan metode modifikasi metode penggabungan beberapa metode pembelajaran sehingga mampu memahami peserta didik dan juga modifikasi media pembelajaran menggunakan media canva sehingga dapat mengurangi kebosanan peserta didik. Berdasarkan hasil uji ANOVA disebutkan bahwa ada interaksi signifikan penerapan pembelajaran diferensiasi materi, produk dan metode berbasis canva terhadap motivasi belajar matematika di SMPI al-Munawar. Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi-Blended, Media Canva, Motivasi Belajar
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Matematika > Masalah Matermatika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 198609142020121006 SAMSUL BAKRI |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 06:37 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 06:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56412 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |