PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JAWA PESERTA DIDIK KELAS V SDN TUNGE 2 WATES KEDIRI

LU’LU’IL MAKNUN, 2817133092 (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JAWA PESERTA DIDIK KELAS V SDN TUNGE 2 WATES KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (660kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (188kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jawa Peserta Didik Kelas V SDN Tunge 2 Wates Kediri” ini ditulis oleh Lu’lu’il Maknun, NIM. 2817133092, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung dibimbing oleh Mustofa, S.S, M.Pd. Kata Kunci: Mind Mapping, Kosakata Bahasa Jawa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukan permasalahan dalam pembelajaran bahasa Jawa yaitu rendahnya perbendaharaan kosakata bahasa jawa peserta didik. Sebagai contoh tampak ketika pelajaran bahasa Jawa, sebagian besar peserta didik kelas V SDN Tunge 2 Wates Kediri berkomunikasi menggunakan bahasa campuran Indonesia-Jawa, minat peserta didik dalam pembelajaran juga masih kurang sehingga mengakibatkan hasil belajar peserta didik rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan metode pembelajaran mind mapping diharapkan penguasaan kosakata peserta didik meningkat sehingga hasil belajar bahasa Jawa juga meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana proses meningkatkan belajar kosakata Bahasa Jawa peserta didik kelas V SDN Tunge 2 Wates Kediri melalui penerapan metode pembelajaran Mind Mapping? (2) Bagaimana hasil meningkatkan belajar kosakata Bahasa Jawa peserta didik kelas V SDN Tunge 2 Wates Kediri melalui penerapan metode pembelajaran Mind Mapping?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses meningkatkan belajar kosakata Bahasa Jawa peserta didik kelas V SDN Tunge 2 Wates Kediri melalui penerapan metode pembelajaran Mind Mapping dan untuk mendeskripsikan hasil meningkatkan belajar kosakata Bahasa Jawa peserta didik kelas V SDN Tunge 2 Wates Kediri melalui penerapan metode pembelajaran Mind Mapping. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dan tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tahapan-tahapan persiklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun instrumen pegumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, pengamatan, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Indikator keberhasilan yang ditentukan dalam penelitian ini adalah apabila penguasaan materi peserta didik 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai peserta didik dengan nilai KKM 70. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan maka telah terjadi peningkatan proses belajar mengajar dan hasil belajar peserta didik dengan diterapkannya metode pembelajaran mind mapping. Hal ini dibuktikan berdasarkan pengamatan keterampilan peneliti meningkat dari 72,5% dengan kategori baik pada siklus I menjadi 86,66% dengan kategori sangat baik pada siklus II. Aktivitas peserta didik meningkat dari 70,31% dengan kategori baik pada siklus I menjadi 86,71 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Begitu juga dengan ketuntasan belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan ditunjukkan prosentase hasil belajar 70,20% dengan kategori baik pada tes awal (pre test) setelah mendapat penanganan pada siklus I hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 77,70% dengan kategori baik. Pada siklus II hasil belajar meningkat lagi menjadi 86,25% dengan kategori sangat baik. Dari hasil belajar pada siklus II telah menunjukkan adanya ketercapaian indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan penguasaan kosakata dan hasil belajar Bahasa Jawa Peserta Didik Kelas V SDN Tunge 2 Wates Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133092 LU’LU’IL MAKNUN
Date Deposited: 15 Aug 2017 02:27
Last Modified: 15 Aug 2017 02:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5658

Actions (login required)

View Item View Item