ANALISIS KEPUASAN PENGGUNAAN APLIKASI E-BUPOT DI KANTOR BAPPEDA KABUPATEN BLITAR

LAELATUL NAROMI, 12403193082 (2024) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNAAN APLIKASI E-BUPOT DI KANTOR BAPPEDA KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (814kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (77kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kepuasan Penggunaan Aplikasi E-Bupot Di Kantor BAPPEDA Kabupaten Blitar” Skripsi ini ditulis oleh Laelatul Naromi, 12403193082. Program Studi Akuntansi Syariah, Jurusan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam U Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Novi Khoiriawati, S.E., M.Acc. Penelitian ini didasari oleh pentingnya upaya meningkatkan kepatuhan wajib pajak sebagai bagian dari optimalisasi penerimaan negara. Direktorat Jenderal Pajak telah mengembangkan aplikasi EBUPOT, sebuah sistem berbasis teknologi informasi yang mempermudah wajib pajak dalam pembuatan bukti pemotongan pajak elektronik dan pelaporan pajak PPh Pasal 23/26. Namun, implementasi aplikasi ini masih menghadapi berbagai tantangan, terutama dalam memastikan kepuasan pengguna serta efektivitas penerapannya di tingkat daerah, termasuk di Kabupaten Blitar. Fokus dan tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan aplikasi E-BUPOT di Kantor BAPPEDA Kabupaten Blitar, (2) untuk menganalisis tingkat kepuasan wajib pajak dalam menggunakan aplikasi ini, dan (3) untuk mengidentifikasi kendala serta memberikan rekomendasi solusi untuk mendukung efektivitas penggunaan aplikasi E-BUPOT. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen dengan melibatkan wajib pajak dan pihak terkait sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi E-BUPOT telah memberikan berbagai manfaat signifikan, terutama dalam mempermudah proses administrasi perpajakan dan efisiensi waktu. Sebagian besar wajib pajak merasa terbantu oleh sistem ini karenamengurangi beban kerja manual dan menghindari potensi kesalahan pada dokumen pajak. Namun, beberapa hambatan tetap ditemukan, seperti rendahnya literasi teknologi di kalangan wajib pajak tertentu, gangguan teknis pada sistem aplikasi, dan kurangnya sosialisasi yang efektif tentang fitur-fitur aplikasi. Di sisi lain, aplikasi ini masih memerlukan peningkatan dalam hal kecepatan akses, stabilitas sistem, dan dukungan teknis yang responsif. Solusi yang direkomendasikan mencakup penyelenggaraan pelatihan intensif bagi wajib pajak, penguatan infrastruktur teknologi di wilayah yang aksesnya terbatas, serta perbaikan fitur aplikasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Kata Kunci: Aplikasi E-BUPOT, Kepuasan Wajib Pajak, Kepatuhan Pajak, Administrasi Perpajakan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Ekonomi > Entrepreneur
Ekonomi > Kinerja Keuangan
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 12403193082 LAELATUL NAROMI
Date Deposited: 07 May 2025 02:59
Last Modified: 07 May 2025 02:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56959

Actions (login required)

View Item View Item