PENGARUH MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MIN 3 TULUNGAGUNG

MOHAMMAD MALAM TAHUN BARU DAVA BIMANTARA, 126205202156 (2024) PENGARUH MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (510kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Bimantara, Mohammad, Malam, Tahun, Baru, Dava. 2024. Pengaruh Komunikasi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas III MIN 3 Tulungagung. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Rohmah Ivantri, M. Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan bahwa kurangnya komunikasi guru terhadap peserta didik saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Serta minim adanya dorongan yang guru berikan kepada peserta didik agar para peserta didik termotivasi dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Dalam konteks ini,peneliti menghubungkan masalah pengaruh komunikasi terhadap motivasi serta hasil belajar siswa kelas III MIN 3 Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bentuk komunikasi antara guru dengan siswa kelas III MIN 3 Tulungagung (2) menguji pengaruh komunikasi terhadap motivasi belajar siswa Kelas III MIN 3 Tulungagung (3) menguji pengaruh komunikasi terhadap hasil belajar Kelas III MIN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian sampel. Sampelnya adalah seluruh peserta didik kelas III A dan III C MIN 3 Tulungagung. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat hipotesis (uji normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesis (uji t-test independent sample test). Hasil pengamatan serta pengujian hipotesis menunjukkan bahwa (1) guru MIN 3 Tulungagung menggunakan bentuk komunikasi formal dan menerapkan komunikasi lisan (2) ada pengaruh antara komunikasi terhadap motivasi siswa kelas III MIN 3 Tulungagung dengan nilai signifikasi 0,005<0,05 maka H0 ditolak Ha diterima (3) ada pengaruh antara komunikasi terhadap hasil belajar siswa kelas III MIN 3 Tulungagung dengan nilai signifikasi 0,000<0,05 maka H0 ditolak Ha diterima. Kata Kunci: Komunikasi, motivasi, hasil belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202156 MOHAMMAD MALAM TAHUN BARU DAVA BIMANTARA
Date Deposited: 06 May 2025 02:07
Last Modified: 06 May 2025 02:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57016

Actions (login required)

View Item View Item