HAFIZ EKA PRASETIA FEBRIANSYAH, 126204203157 (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS MATEMATIKA DITINJAU DARI TEORI NEWMAN DI SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (608kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK .pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
![]() |
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
![]() |
Text
BAB VI .pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul ”Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills Matematika Ditinjau Dari Teori Newman di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung”.Ini ditulis oleh Hafiz Eka Prasetia Febriansyah, NIM.126204203157, 2024. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M. Kes., Ph. D. Kata Kunci : Higher Order Thinking Skills (HOTS), Teori Newman, Analisis Kesalahan. Pendidikan di Indonesia menghadapi tantangan besar dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan tuntutan zaman. Salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika adalah pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS), yang menguji kemampuan siswa dalam menganalisis, menyintesis, dan mengevaluasi informasi untuk menyelesaikan masalah. Namun, dalam praktiknya, banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal HOTS,terutama yang melibatkan soal cerita. Oleh karena itu, analisis kesalahan menjadi penting untuk memahami kesalahan yang dilakukan siswa dalam proses penyelesaian soal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesalahan yang dilakukan siswa, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa, untuk mengetahui solusi alternatif dalam memperbaiki kesalahan siswa SMPN 1 Kalidawir dalam menyelesaikan soal HOTS matematika menggunakan teori Newman’s Error Analysis (NEA). Teori ini mengidentifikasi lima tahap utama dalam menyelesaikan soal matematika, yaitu: membaca soal (reading), memahami soal (comprehension), transformasi soal (transformation), keterampilan proses (process skill), dan penulisan jawaban akhir (encoding). Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data diperoleh melalui tes HOTS, observasi, dan wawancara dengan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang paling dominan terjadi pada tahap transformasi soal, yaitu saat siswa kesulitan mengubah informasi dari soal menjadi langkah-langkah penyelesaian yang tepat. Sedangkan kesalahan yang paling sedikit terjadi pada tahap membaca soal (reading). Selain itu, faktor penyebab kesalahan meliputi kurangnya ketelitian dalam membaca soal, pemahaman materi yang belum matang, kurangnya pemahaman tentang rumus, dan keterbatasan waktu yang membuat siswa terburu-buru. Berdasarkan hasil analisis, beberapa solusi alternatif yang dapat diterapkan adalah: memberikan dorongan pertanyaan yang mendorong siswa untuk menyusun kalimat matematika dengan benar, memberikan penjelasan yang mudah dipahami, meminta siswa untuk meneliti kembali perhitungan mereka, dan menjelaskan dengan jelas langkah-langkah penyelesaian yang benar. Dengan langkah- langkah tersebut, diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menyelesaikan soal HOTS, sehingga pembelajaran matematika menjadi lebih efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Matematika > Masalah Matermatika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204203157 HAFIZ EKA PRASETIA FEBRIANSYAH |
Date Deposited: | 08 May 2025 07:49 |
Last Modified: | 08 May 2025 07:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57072 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |