STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK SIKAP TOLERANSI PADA SISWA KELAS 4 DI MI PUDJI HARDJO DESA PRAMBON KECAMATAN TUGU KABUPATEN TRENGGALEK

MUHAMMAD HASBUNAL KAFI, 12201193259 (2024) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK SIKAP TOLERANSI PADA SISWA KELAS 4 DI MI PUDJI HARDJO DESA PRAMBON KECAMATAN TUGU KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (629kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Membentuk Sikap Toleransi pada Siswa Kelas 4 di MI Pudji Hardjo Desa Prambon Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek” ditulis oleh Muhammad Hasbunal Kafi (NIM: 12201193259), jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Dr. Hj. St. Noer Farida Laila, M.A. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya sikap tolerans yang diajarkan pada siswa tingkat MI untuk menghindari konflik antar umat beragama. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah metode guru Akidah Akhlak dalam menumbuhkan sikap toleransi beragama pada siswa kelas 4 di MI Pudji Hardjo? 2) Apa saja faktor penghambat guru Akidah Akhlak dalam menumbuhkan sikap toleransi beragama pada siswa kelas 4 di MI Pudji Hardjo? 3) Apa saja faktor pendukung guru Akidah Akhlak dalam menumbuhkan sikap toleransi beragama pada siswa kelas 4 di MI Pudji Hardjo? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Narasumber dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Akidah Akhlak, dan siswa MI Pudji Hardjo. Analisis data pada penelitian ini dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian (display) data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengintegrasikan nilai toleransi dalam setiap mata pelajaran, Pemberian reward dan punishment pada siswa, pemberian fasilitas pada siswa untuk menerapkan sikap toleransi, pendekatan yang komprehensif oleh Guru dalam menerapkan sikap toleransi pada siswa, pembiasaan penerapan sikap toleransi sejak dini pada siswa dan Keteladanan sifat toleransi dari guru yang ditunjukkan kepada siswa, memiliki peranan penting dalam membentuk sikap toleransi pada siswa kelas 4. Kata Kunci: Strategi Guru, Akidah Akhlak, Sikap Toleransi

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193259 MUHAMMAD HASBUNAL KAFI
Date Deposited: 16 May 2025 07:38
Last Modified: 16 May 2025 07:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57277

Actions (login required)

View Item View Item