PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING KELAS VIII SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR

BURHAN KHOLID, 2814123050 (2016) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING KELAS VIII SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (394kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (368kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Discovery Learning Kelas VIII Semester II sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar.” ini ditulis oleh Burhan Kholid, NIM. 2814123050, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, pembimbing Dr. Muniri, M. Pd. Kata kunci: modul matematika, discovery learning, pemahaman konsep. Modul matematika sebagai perangkat pembelajaran digunakan secara luas oleh pendidik dan peserta didikk baik sebagai sumber belajar utama dan alat kelengkapan dalam proses belajar mengajar, sehingga memegang peran penting didalamnya. Penggunaan secara luas modul matematika ini sangat penting guna meningkatkan pemahaman konsep peserta didikk. Penelitian dan pengembangan bahan ajar berupa modul matematika menjadi tantangan tersendiri karena disusun berdasarkan karakteristik peserta didik, penggunaan pendekatan yang cocok bagi peserta didik yang sesuai dengan perkembangan kognitif, dan disusun untuk menambah ketertarikan peserta didik agar termotivasi dalam belajar matematika. Penelitian dan pengembangan modul matemtika disusun berdasarkan pendekatan discovery learning yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi perkembangan kognitif peserta didik. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan modul matematika dengan pendekatan Discovery Learning agar menjadi produk yang valid, efektif, dan efisien; (2) Mengetahui adanya pengaruh modul matematika dengan pendekatan Discovery Learning terhadap peningkatan pemahaman peserta didik konsep bangun ruang sisi datar. Adapun dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) atau yang lebih dikenal dengan istilah R & D sedangkan model penelitian dan pengembangan yang dipilih adalah siklus ADDIE meliputi (1) Analysis atau analisis; (2) Design atau desain; (3) Development atau pengembangan; (4) Implementation atau penerapan produk; (5) Evaluation atau evaluasi. Dalam pengembangan ini, modul matematika divalidasi oleh ahli bahan ajar, ahli pendekatan discovery learning, praktisi lapangan serta uji manfaat pengguna baik pengguna sebagai siswa dan pengguna sebgai guru atau praktisi lapangan. Sedangkan untuk mengetahui keberhasilan bahan ajar digunakan tes dalam pengambilan data. Metode analisis data menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, dan uji t. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah 1) penelitian dan pengembangan (R & D) menghasilkan produk berupa modul matemtaika pada pokok bahasan prisma dan limas dengan pendekatan discovery learning meliputi: Sampul modul matematika, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, kegiatan belajar, glossarium, dan daftar pustaka. Materi yang dikembangkan adalah prisma dan limas; 2) Hasil kelayakan bahan ajar menunjukkan Kevalidan produk bahan ajar pada penelitian dan pengembangan (R & D) dengan pendekatan discovery learning ditunjukkan dengan presentase sebesar 87,38% dari penilaian dosen dan praktisi lapangan sedangkan penilaian dari pengguna baik siswa dan guru menunjukkan rata-rata presentase sebesar 81,62 % sehingga dapat disimpulkan produk bahan ajar layak dipergunakan; 3) Terdapatnya pengaruh penggunaan bahan ajar dengan pendekatan discovery learning dapat dilihat dari hasil analisis uji t-test yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,34 > 1,66) (MTs Negeri Ngantru) dan thitung > ttabel (2,44 > 1,66) (MTs Darul Hikmah Tawangsari) sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh penggunaan modul matematika dengan pendekatan discovery learning terhadap pemahaman konsep yang dilihat dari nilai sebagai indikator hasil belajar matematika materi prisma dan limas pada siswa kelas VIII”.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S.Pd 2814123050 Burhan Kholid
Date Deposited: 15 Aug 2017 07:04
Last Modified: 15 Aug 2017 07:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5730

Actions (login required)

View Item View Item