PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS VIII MTsN 8 BLITAR

ATIK RUSDIANA, 126211203074 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS VIII MTsN 8 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Peta Konsep Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Usaha dan Energi Kelas VIII MTsN 8 Blitar” ini ditulis oleh Atik Rusdiana, NIM 126211203074, pembimbing Nani Sunarmi, S.SI., M.Sc. Kata kunci: think pair share, peta konsep, motivasi belajar, hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi pada fenomena masih didominasinya model pembelajaran konvensional dengan beberapa latihan pengerjaan soal sehingga pembelajaran masih menerapkan pola satu arah, atau teacher centered dan sedikit kurang berpusat pada siswa. Hal ini memicu kurang termotivasinya siswa dan juga rendahnya hasil belajar siswa. Siswa kurang termotivasi, berinisiatif untuk berpotensi dan mengembangkan imajinasinya, menjadikan siswa mengalami kejenuhan dalam proses pembelajaran. Sehingga diperlukannya suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan peta konsep terhadap motivasi belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas VIII MTsN 8 Blitar. 2) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas VIII MTsN 8 Blitar. 3) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan peta konsep terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas VIII MTsN 8 Blitar. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MTsN 8 Blitar. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 65 sampel diantaranya adalah siswa kelas VIII-E dengan jumlah 33 siswa dan siswa kelas VIII-I dengan jumlah 32 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitia ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar (posttest) berupa soal uraian sebanyak 10 soal dan angket motivasi belajar sebanyak 25 butir. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji instrument (uji validitas dan uji reabilitas), uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), uji hipotesis (uji independent t-test dan uji MANOVA). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan peta konsep terhadap motivasi belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas VIII MTsN 8 Blitar. Hasil uji independent t-test motivasi belajar menunjukkan bahwa hasil sig. (2tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H 0 xxii ditolak dan H 1 diterima, 2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas VIII MTsN 8 Blitar. Hasil uji independent t-test hasil belajar menunjukkan bahwa hasil sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H 0 ditolak dan H 1 diterima. 3) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan peta konsep terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas VIII MTsN 8 Blitar. Hal ini ditunjukkan pada perolehan uji MANOVA yang diambil dari Wilks Lamda memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti H 0 ditolak dan H 1 diterima. Sehingga, berdasarkan uraian hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa ketiga hipotesis dinyatakan diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211203074 ATIK RUSDIANA
Date Deposited: 02 Jun 2025 07:46
Last Modified: 02 Jun 2025 07:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57659

Actions (login required)

View Item View Item