PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP CONCEPTUAL UNDERSTANDING SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL-HIDAYAH 1 BETAK KALIDAWIR

TRIANA ROHMATUL LATIFAH, 126205213220 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP CONCEPTUAL UNDERSTANDING SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL-HIDAYAH 1 BETAK KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (815kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (244kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Conceptual Understanding Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di MI Al-Hidayah 1 Betak Kalidawir” ditulis oleh Triana Rohmatul Latifah, NIM 126205213220, dosen pembimbing Dr. Khabibur Rohman, M.Pd.I. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Conceptual Understanding, Pemecahan Masalah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya conceptual understanding matematika disebabkan oleh faktor siswa kurang memahami materi yang telah dipelajari. Dikarenakan siswa hanya duduk, mendengar, mencatat, dan menghapal sehingga pembelajaran monoton dan membosankan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan conceptual understanding siswa dalam pembelajaran yaitu penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Model pembelajaran inkuiri terbimbing melibatkan siswa belajar aktif dan mandiri dalam memecahkan masalah dan mencari jawaban. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing di MI Al-Hidayah 1 Betak Kalidawir, 2) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap conceptual understanding siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunaan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen non-equivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di MI Al-Hidayah 1 Betak Kalidawir dengan sampel kelas V-A dan kelas V-B. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), dan uji hipotesis menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan model inkuiri terbimbing pada kelas eksperimen melalui beberapa tahapan melatih siswa untuk berpikir kritis, memecahkan masalah, meningkatkan rasa ingin tahu, dan aktif dalam proses pembelajaran, sehingga pemahaman konsep mereka menjadi lebih mendalam dan bermakna, 2) Terdapat pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap conceptual understanding siswa. Diinterpretasikan pada uji hipotesis sesuai dengan kriteria bahwa 0.000 < 0.05. Maka dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Penelitian ini dapat meningkatkan conceptual understanding siswa pada pembelajaran matematika di MI Al-Hidayah 1 Betak Kalidawir.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205213220 TRIANA ROHMATUL LATIFAH
Date Deposited: 05 Jun 2025 03:40
Last Modified: 05 Jun 2025 03:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57792

Actions (login required)

View Item View Item