PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI MIN 1 TULUNGAGUNG

SALWA AMARA MAHDA, 126205213232 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (736kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (516kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V Di MIN 1 Tulungagung” ditulis oleh Salwa Amara Mahda, NIM 126205213232. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Penulisan skripsi ini dibimbing oleh Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. dengan NIP. 197608272005011005. Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Kreativitas Siswa Kreativitas siswa menjadi penting untuk mendukung proses belajar, sehingga tujuan belajar siswa tercapai maksimal. di MIN 1 Tulungagung masih ada permasalahan pada guru yang kurang bervariasi dalam menerapkan model pembelajaran. Maka perlu mempertimbangkan penggunaan model pembelajaran berdiferensiasi. Melalui model pembelajaran berdiferensiasi menjadi alternatif untuk diterapkan pada proses pembelajaran, sehingga nantinya siswa dapat menentukan cara belajar yang efektif sesuai keinginan masing-masing siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aspek pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka yang belum sepenuhnya dapat mengakomodir semua siswa. Maka dari itu peneliti ingin mengkaji lebih mendalam bagaimana pengaruh model pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan kreativitas siswa pada mata pelajaran IPAS dan untuk mengetahui seberapa besar adanya peningkatan kreativitas siswa terhadap model pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPAS kelas 5 di MIN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif pre eksperimen, sampel penelitian berjumlah 28 siswa menggunakan teknik sampling jenuh/sensus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Terdapat keefektifan model pembelajaran berdiferensiasi terhadap kreativitas siswa, dapat dilihat dari uji Wilcoxon diperoleh hasil nilai sebesar 0.000 di mana nilai tersebut bersignifikan < 0.05 berarti hipotesis memiliki hubungan yang signifikan antara pembelajaran berdiferensiasi dengan kreativitas siswa. Hasil dari uji N-Gain score memiliki mean sebesar pretest (61,5) posttest (64,5) ≥ dari 0,7 termasuk dalam kategori tinggi, yang menunjukkan adanya peningkatan terhadap kreativitas siswa melalui model pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPAS, (2) Peningkatan kreativitas siswa dapat dilihat dari hasil uji T menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen sebelum diberikan perlakuan yaitu 59,04 sedangkan sesudah diberikan perlakuan nilai rata-rata sebesar 67,07. Hal tersebut telah menunjukkan bahwa nilai rata-rata sesudah diberikan perlakuan lebih besar dari nilai rata-rata sebelum diberikan perlakuan. Melalui hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh terhadap kreativitas siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205213232 SALWA AMARA MAHDA
Date Deposited: 04 Jun 2025 07:35
Last Modified: 04 Jun 2025 07:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57797

Actions (login required)

View Item View Item