PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN KONSEP “UNIVERSITY WAR” TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD NU INSAN CENDEKIA NGADILUWIH

EKA ANISATUL LATIFAH, 126205211024 (2025) PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN KONSEP “UNIVERSITY WAR” TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD NU INSAN CENDEKIA NGADILUWIH. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Teams Games Tournament dengan Konsep “University War” terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika di SD NU Insan Cendekia Ngadiluwih” ini ditulis oleh Eka Anisatul Latifah, NIM 126205211024, dosen pembimbing Dr. Khabibur Rohman, M.Pd.I. Kata Kunci: Teams Games Tournament, University War, Berpikir Kritis Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pemilihan model pembelajaran yang digunakan oleh guru sehingga mempengaruhi minat siswa dalam belajar yang berdampak pada kemampuan berpikir kritis mereka. Model teams games tournament (TGT) adalah pendekatan pembelajaran kooperatif yang mengajarkan siswa berpikir kritis untuk memecahkan masalah dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Dalam penelitian ini, model TGT dengan konsep university war diterapkan pada kelompok siswa di tingkat dasar untuk dilihat bagaimana pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis mereka. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan model TGT dengan konsep university war di SD NU Insan cendekia Ngadiluwih? 2) Bagaimana pengaruh penggunaan model TGT dengan konsep university war terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika?. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan penerapan model TGT dengan konsep university war di SD NU Insan Cendekia Ngadiluwih, 2) Untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model TGT dengan konsep university war terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen non-equivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SD NU Insan Cendekia Ngadiluwih dengan sampel kelas IV-Badar dan kelas IV-Hudaibiyah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu uji instrumen, uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan model TGT dengan konsep university war dari tahapan penyampaian materi, pembagian kelompok, pertandingan utama dan pemberian hadiah melatih siswa untuk fokus, menganalisis, menyusun strategi dan bertanggung jawab, sehingga kemampuan berpikir kritis mereka berkembang secara optimal 2) Terdapat pengaruh model TGT dengan konsep university war terhadap kemampuan berpikir siswa. Diinterpretasikan pada uji hipotesis sesuai dengan kriteria bahwa 0.007 < 0.05 dan 0.044 < 0.05. Maka, dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika di SD NU Insan Cendekia Ngadiluwih.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205211024 EKA ANISATUL LATIFAH
Date Deposited: 05 Jun 2025 02:01
Last Modified: 05 Jun 2025 02:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57807

Actions (login required)

View Item View Item