IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SOFT SKILL PESERTA DIDIK MATA PEAJARAN PKN DI MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG

HERNA PURBASARI, 126205212160 (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SOFT SKILL PESERTA DIDIK MATA PEAJARAN PKN DI MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (495kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Soft Skill Peserta Didik Mata Pelajaran PKn di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung” yang ditulis oleh Herna Purbasari, NIM. 126205212160, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Indah Komsiyah. S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Model Problem Based Learning, Soft Skill, PKn Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pengembangan soft skill pada peserta didik dalam pembelajaran PKn, khususnya di tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Pembelajaran yang klasikal seringkali kurang memberikan memberikan wadah bagi siswa untuk berpikir kritis, memecahkan masalah, serta berbicara dengan percaya diri. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang mampu merangsang keterampilan tersebut. Melalui implementasi Problem Based Learning, peserta didik diberikan kesempatan dalam menemukan solusi dari maalah nyata, berdiskusi secara aktif, dan menyampaikan ide secara terstruktur. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) bagaimana implementasi model problem based learning untuk meningkatkan critical thinking (berpikir kritis) peserta didik mata pelajaran PKn di MI Plus Al Istighosah Panggungrejo Tulungagung, 2) bagaimana implementasi model problem based learning untuk meningkatkan problem solving (pemecahan masalah) peserta didik mata pelajaran PKn di MI Plus Al Istighosah Panggungrejo Tulungagung, 3) bagaimana implementasi model problem based learning untuk meningkatkan public speaking peserta didik mata pelajaran PKn di MI Plus Al Istighosah Panggungrejo Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi model problem based learning untuk meningkatkan critical thinking, problem based learning, dan public speaking peserta didik mata pelajaran PKn di MI Plus Al Istighosah Panggungrejo Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo sebagai sumbangan pemikiran dalam meningkatkan mutu pengajaran dengan penerapan model Problem-Based Learning (PBL). Bagi guru, penelitian ini dapat menjadi dasar dalam mengembangkan soft skills peserta didik, terutama dalam berpikir kritis, pemecahan masalah, dan public speaking pada mata pelajaran PKn. Bagi siswa, penelitian ini diharapkan dapat membantu mereka dalam meningkatkan keterampilan berpikir dan berbicara secara terstruktur. Sedangkan bagi pembaca atau penliti lain, skripsi ini dapat menjadi referensi dalam penelitian lebih lanjut terkait penerapan PBL. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik keabsahan data dengan menggunakan triangulasi dan ketekunan atau keajegan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem-Based Learning (PBL) memberikan dampak positif terhadap pengembangan tiga soft skill siswa, yakni: 1) Critical thinking meningkat saat siswa berperan aktif dalam menganalisis masalah dengan guru sebagai fasilitator, dimulai dari tahap orientasi masalah di mana siswa mengidentifikasi masalah, tahap pengorganisasian untuk menyusun strategi belajar, tahap penyelidikan dalam menganalisis data, tahap pengembangan dan penyajian hasil yang menampilkan pemikiran kritis siswa, serta tahap evaluasi dan refleksi di mana siswa memberikan umpan balik yang memperkuat pemahaman. 2) Problem solving berkembang ketika siswa bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah yang diberikan, diawali dari tahap orientasi masalah di mana guru membantu siswa mengidentifikasi masalah melalui pertanyaan pemantik, tahap pengorganisasian dengan menyusun strategi pemecahan masalah, tahap penyelidikan dalam menganalisis langkah-langkah solusi, tahap pengembangan dan penyajian hasil dengan membangun argumentasi logis, hingga tahap evaluasi dan refleksi untuk mendapatkan umpan balik dalam memperbaiki solusi yang telah disusun. 3) Public speaking mengalami peningkatan seiring dorongan bagi siswa untuk berbicara sejak tahap awal pembelajaran, dimulai dari tahap orientasi masalah di mana guru menyajikan konteks menarik agar siswa terdorong bertanya dan berdiskusi, tahap pengorganisasian di mana mereka mulai berbicara saat berinteraksi dengan guru dan teman, tahap penyelidikan yang melatih mereka menyampaikan pendapat dengan percaya diri dalam kelompok, tahap pengembangan dan penyajian hasil dengan mengarahkan siswa menggunakan bahasa yang baik dan terstruktur, hingga tahap evaluasi dan refleksi di mana mereka mendapatkan apresiasi serta umpan balik untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam berbicara di depan umum.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212160 HERNA PURBASARI
Date Deposited: 17 Jun 2025 03:17
Last Modified: 17 Jun 2025 03:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57952

Actions (login required)

View Item View Item