SEYFINA FARIDA, 126204213180 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VII MTs AL MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (449kB) |
![]() |
Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) |
![]() |
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (593kB) |
![]() |
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) |
![]() |
Text
BAB V PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) |
![]() |
Text
BAB VI PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan berjudul “Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII MTs Al Ma’arif Tulungagung” ini ditulis oleh Seyfina Farida, NIM. 126204213180 dengan dosen pembimbing Bapak Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Problem Based Learning, Media Pembelajaran Interaktif Rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa menjadi latar belakang penelitian ini, hal tersebut disebabkan karena mayoritas siswa cenderung pasif dalam aktivitas belajar tanpa adanya interaksi yang lebih mendalam terhadap guru, minimnya motivasi siswa untuk belajar, sehingga membuat mereka pasif selama proses pembelajaran, kurangnya kemampuan bertanya dan berpendapat dalam diri siswa, dan guru yang masih menggunakan metode pengajaran konvensional, membuat suasana belajar di kelas terkesan lebih sederhana. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan strategi belajar yang berbasis pada kebutuhan siswa, sehingga berdampak pada peningkatan kemampuan komunikasi matematis secara signifikan. Pada penelitian ini menggunakan penerapan model problem based learning yang dilengkapi dengan pemanfaatan media pembelajaran interaktif, berupa Quizizz dan Wordwall dalam pembelajaran. Tujuan penelitian: 1) untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi Bentuk Aljabar siswa kelas VII MTs Al ma’arif Tulungagung. 2) untuk mengetahui besar pengaruh model problem based learning berbantuan media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi Bentuk Aljabar siswa kelas VII MTs Al ma’arif Tulungagung. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain Quasi Experimental. Populasi yang diteliti terdiri dari kelas VII A dan VII B di MTs Al Ma’arif Tulungagung, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Selanjutnya, analisis data dilakukan menggunakan uji-t sampel bebas (independent sample t-test) serta pengukuran besaran efek (effect size) dengan Cohen's d. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: 1) Adanya pengaruh yang signifikan pada model problem based learning berbantuan media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi bentuk aljabar siswa kelas VII MTs Al Ma’arif Tulungagung. 2) Adanya pengaruh Sedang pada model problem based learning berbantuan media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi bentuk aljabar siswa kelas VII MTs Al Ma’arif Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aljabar Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204213180 SEYFINA FARIDA |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 02:52 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 02:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58222 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |