PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STUDENT WORKSHEET BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL UNTUK KELAS VII

NISA MAGHFIROTUL LAILY, 2814133134 (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STUDENT WORKSHEET BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL UNTUK KELAS VII. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SAMPUL-1.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI-1.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II -1.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III-1.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text
BAB IV -1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V -1.pdf

Download (274kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (163kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Bahan Ajar Student Worksheet Berbasis Problem Based Learning (PBL) Materi Persamaan Linear Satu Variabel untuk Kelas VII” ini ditulis oleh Nisa Maghfirotul Laily (2814133134) dan dibimbing oleh Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Bahan Ajar, Student Worksheet, Problem Based Learning (PBL). Proses pembelajaran matematika menjadi salah satu faktor dalam menentukan keberhasilan siswa dalam belajar. Kualitas proses pembelajaran akan mempengaruhi perkembangan potensi dan pemahaman siswa. Berkaitan dengan hal ini, maka diperlukan suatu upaya nyata untuk menggunakan pendekatan setiap kali proses pembelajaran. Salah satu upaya itu adalah mengembangkan produk student Worksheet atau Lembar Kerja Siswa dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL). Produk ini didesain dengan langkah-langkah pembelajaran menggunakan Problem Based Learning, uji kemampuan, tugas kelompok, dan juga evaluasi yang disertai petunjuk pengerjaan. LKS ini didesain untuk membantu siswa dalam menemukan konsep materi, khususnya materi persamaan linear satu variabel secara efektif dan efisien. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menghasilkan produk pengembangan bahan ajar student worksheet berbasis Problem Based Learning (PBL) menjadi produk yang valid, efektif, dan efesien (2) Untuk mengidentifikasikan efektifitas penggunaan bahan ajar student worksheet berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan kemampuan siswa menemukan konsep Persamaan Linear Satu Variabel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Research and Development adalah suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk atau menyempurnakan produk yang telah ada untuk divalidasi oleh ahli yang bersangkutan dan diuji cobakan sehingga dapat dipertanggungjawabkan. Pengambilan data utama dalam penelitian ini menggunakan post test. Post test diberikan setelah produk selesai diuji cobakan. Dari hasil tes kemudian dilakukan uji perbandingan dua kelompok bebas yakni menggunakan uji independent t-test. Adapun dalam mengembangkan produk bahan ajar ini, penulis mengacu pada rancangan Borg & Gall, namun dalam pelaksanaannya ada beberapa langkah yang tidak digunakan peneliti karena keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya dari peneliti. Sehingga langkah penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) Penelitian dan pengumpulan data (2) Perencanaan (3) Pengembangan draf Produk (4)Validasi ahli (5)Revisi produk (6) Uji coba lapangan. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa (1) Lembar kerja siswa berbasis Problem Based Learning pada materi Persamaan Linear Satu Variabel untuk kelas VII yang dikembangkan valid atau layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran dengan presentase 77,7 % (2) hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel pada tingkat kepercayaan 95%. Sehingga t tabel < t hitung atau 1,677 < 5,805. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan nilai ratarata post test kelas eksperimen sebesar 80,125 atau lebih baik 9,088 dari nilai kelas kontrol yang nilai rata-ratanya 71,037. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar student worksheet berbasis Problem Based Learning (PBL) efektif digunakan dalam peningkatan kemampuan siswa menemukan konsep persamaan Linear Satu Variabel.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133134 Nisa Maghfirotul Laily
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:36
Last Modified: 23 Aug 2017 04:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5862

Actions (login required)

View Item View Item