MAHFUDH, 12950121024 (2025) STRATEGI TRANSFORMASI PONDOK PESANTREN DALAM MENGUATKAN EKSISTENSINYA DI ERA DIGITAL. [ Disertasi ]
![]() |
Text
STRATEGI TRANSFORMASI PONDOK PESANTREN DALAM.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Mahfudh, NIM: 12950121024; “Strategi Transformasi Pondok Pesantren dalam Menguatkan Eksistensinya di Era Digital (Studi Kasus Multi Situs di Pondok Pesantren Al-Falah Ploso Mojo Kediri, Pondok Pesantren AlIslahiyyah Mayan Kranding Mojo Kediri, dan Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam Mantenan Wonorejo Udanawu Blitar)” Disertasi, Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Promotor I; Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M.Ag. Promotor II; Prof. Dr. H. Teguh, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Transformasi Pondok Pesantren, Eksistensi Di Era Digital. Kontek masalah dari Disertasi ini adalah adanya perubahan social yang terjadi pada Masyarakat sehingga terjadi pula perubahan orientasinya dalam memilih lembaga Pendidikan. Pesantren Al-Falah. Al-Islahiyyah dan Mamba’ul Hikam yang hanya mengajarkan kitab salaf dan tidak menerbitkan ijazah formal ditinggalkan oleh Masyarakat. Fokus dari Penelitian ini: 1). Mengapa pondok pesantren melakukan strategi transformasi dalam menguatkan eksistensinya di Era Digital?, 2). Bagaimana implementasi strategi transformasi pondok pesantren dalam menguatkan eksistensinya di Era Digital ?, 3). Bagaimana implikasi strategi transformasi pondok pesantren dalam menguatkan eksistensinya di Era Digital? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus multi situs di Pesantren Al-Falah Ploso Mojo Kediri, Pesantren Al-Islahiyyah Mayan Kranding Mojo Kediri, dan Pesantren Mamba’ul Hikam Mantenan Wonorejo Udanawu Blitar. Sumber data berasal dari informan, peristiwa, lokasi dan dokumen. Tehnik pengumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisa data menggunakan tehnik analisis data Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman yang menggandeng Jhonny Saldana metode kondensasi (pemadatan) data. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui diskusi teman sejawat, triangulasi sumber data dan triangulasi metode serta trianggulasi waktu. Hasil penelitian; 1) Perubahaban social membawa efek pada pergeseran orientasi masyaralat terhadap dunia pendidikan, pesantren yang hanya mengajarkan Pendidikan agama mulai ditinggalkan. Strategi transformasi dilakukan pesantren sebagai respon dari tuntutan Masyarakat yang bergeser orientasi terhadap tujuan pendidikannya. ; 2) Implementasi strategi transformasi pondok pesantren dengan menerapkan transformasi kelembagaan, metode pengajaran, pengembangan kurikulum, kepemimpinan kolektif-kolaboratif dan pengembangan manajemen yang relevan dengan era digital untuk mengakselerasikan pergeseran orientasi masyarakat dalam memilih lembaga pendidikan; 3) Implikasinya pondok pesantren menjadi lebih terbuka terhadap teknologi digital sebagai salah satu piranti dalam menguatkan eksistensinya.
Item Type: | Disertasi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pondok pesantren |
Divisions: | Kategori Pustaka > Agama > Non Muslim |
Depositing User: | 12950121024 MAHFUDH |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 06:34 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 06:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58965 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |