THE CORRELATION BETWEEN READING HABITS AND READING COMPREHENSION OF THE 11ST GRADE STUDENTS OF SMAN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

MUKHAMMAD NURUL ROHMAN, 12203183098 (2023) THE CORRELATION BETWEEN READING HABITS AND READING COMPREHENSION OF THE 11ST GRADE STUDENTS OF SMAN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (427kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (368kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRACT Mukhammad Nurul Rohman. Nomor Induk Mahasiswa. 12203183098. 2023. Hubungan antara Kebiasaan Membaca dan Pemahaman Membaca Siswa Kelas 11 SMAN 1 Kalidawir Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Kebiasaan Membaca, Pemahaman Membaca Membaca adalah seperangkat keterampilan yang melibatkan mencari tahu bagaimana sebuah kata tertulis, seperti huruf atau tanda, masuk akal dan apa artinya. Dalam hal keterampilan bahasa, khususnya membaca, menjadi skala penting yang harus dipelajari oleh setiap siswa. Keberhasilan membaca sangat penting bagi mereka untuk mengembangkan kemampuan akademis dan non-akademis. Oleh karena itu, siswa harus melakukan kegiatan membaca karena kebutuhan mereka, bukan karena keterpaksaan. Ketika siswa membaca sesuai dengan kebutuhannya, mereka akan mendapatkan banyak informasi yang mereka butuhkan. Ketika siswa dipaksa untuk membaca, mereka tidak belajar sebanyak yang mereka bisa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Korelasi antara Kebiasaan Membaca dengan Prestasi Membaca Pemahaman Siswa Kelas 11 SMAN 1 KALIDAWIR Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 11 SMAN 1 Kalidawir Tulungagung yang terdiri dari 49 siswa sebagai sampel untuk kuesioner dan tes. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Dalam menganalisis data digunakan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kebiasaan membaca siswa termasuk dalam kategori sedang dengan nilai 0,477 atau 47,7% dari hasil perhitungan angket. 2) pemahaman bacaan siswa berada pada kategori rendah dengan skor 0,322 atau 32,2% dari hasil perhitungan data tes. 3) kebiasaan membaca siswa dan pemahaman bacaan memiliki korelasi yang positif dengan kategori sangat kuat, koefisien korelasi antara kebiasaan membaca siswa dan pemahaman bacaan lebih besar dari r tabel (0,909 > 0,281). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Kesimpulannya, kebiasaan membaca bukan satu-satunya aspek yang mempengaruhi pemahaman bacaan siswa, banyak faktor yang juga mempengaruhi pemahaman bacaan, yaitu faktor internal (intelektual, kemampuan bahasa, psikologis, lingkungan, pengalaman) dan faktor eksternal (fasilitas, waktu belajar), dan untuk memiliki pemahaman bacaan yang baik, siswa harus mengetahui aspek-aspek pemahaman bacaan yang meliputi kemampuan asosiasi, kemampuan konsepsi, kemampuan persepsi, kemampuan sintaksis-kemampuan semantik, dan pemahaman kognitif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Bahasa Dan Sastra > Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: 12203183098 MUKHAMMAD NURUL ROHMAN
Date Deposited: 10 Jul 2025 06:06
Last Modified: 10 Jul 2025 06:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59250

Actions (login required)

View Item View Item