EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GAME EDUKATIF (WORDWALL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS III DI MI AL-HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG

TATMIMUN NI'AMI, 126205212129 (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GAME EDUKATIF (WORDWALL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS III DI MI AL-HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (351kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Efektivitas Penggunaan Game Edukatif (Wordwall) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas III di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung" ini ditulis oleh Tatmimun Ni’ami, NIM. 126205212129, Pembimbing Rohmah Ivantri, M. Pd.I. Kata Kunci : Game Edukatif, Wordwall, Hasil Belajar Penelitian ini membahas tentang Efektivitas Penggunaan Game Edukatif (Wordwall) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas III. Kajian penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS karena guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yang monoton, sehingga siswa kurang termotivasi dan kesulitan memahami materi yang diajarkan. Dalam hal ini, peneliti beranggapan bahwa penggunaan Game Edukatif berbasis Wordwall dalam proses pembelajaran diharapkan dapat membuat pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan pada penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan penggunaan Game Edukatif (Wordwall) dalam meningkatkan Hasil Belajar IPAS kelas III dI MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. (2) Untuk menguji efektivitas penggunaan Game Edukatif (Wordwall) dalam meningkatkan Hasil Belajar IPAS kelas III di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Teknik sampling yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling. Sampel yang dipilih pada penelitian ini adalah kelas III-B yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas III-A yang berjumlah 19 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen tes berupa uji validitas dan uji reliabilitas, uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan Game Edukatif Wordwall terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas III pada materi hidup bersama alam dengan peningkatan rata-rata nilai dari 49 (pretest) menjadi 81 (posttest) dan ketuntasan belajar dari 11,1% menjadi 94,4% (2) Adanya efektivitas penggunaan Game Edukatif Wordwall terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas III di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung, yang menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak karena nilai signifikansi pada uji Independent Sample t-Test menunjukkan sebesar 0,024, di mana 0,024 < 0,05. Selain itu, rata-rata nilai posttest siswa pada kelas eksperimen meningkat menjadi 81, lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol yang rata-rata nilainya hanya mencapai 73. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan game edukatif (Wordwall) secara signifikan efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas III pada materi hidup bersama alam di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212129 TATMIMUN NI'AMI
Date Deposited: 10 Jul 2025 07:54
Last Modified: 10 Jul 2025 07:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59284

Actions (login required)

View Item View Item