ABDULLAH AL GHOZI, 12950121002 (2025) MANAJEMEN PEMBIAYAAN DALAM MENGEMBANGKAN LEMBAGA PENDIDIKAN (Studimulti Situs di MA Ma’arif Blitar dan SMA NU 1 Gresik). [ Disertasi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (813kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (813kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Download (668kB) |
![]() |
Text
BAB II .pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III .pdf Download (791kB) |
![]() |
Text
BAB IV .pdf Download (828kB) |
![]() |
Text
BAB V .pdf Download (457kB) |
![]() |
Text
BAB VI .pdf Download (449kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (427kB) |
Abstract
Abdullah Al Ghozi, 12950121002, 2024, Manajemen Pembiayaan dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan ( Studi Multisitus di MA Ma’arif Blitar dan SMA NU1 Gresik). Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Promotor : (1) Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag dan (2) Prof. Dr. H. Asrof Syafi’I, M.Ag. Kata Kunci : Manajemen Pembiayaan dan pengembangan lembaga pendidikan Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Sebagai sebuah proses ysng akan menentkan hasil tergantung kepada kualitas sarana dan prasarana yang dimiliki serta biaya yang tersedia. Pembiayaan yang ada baik dari pemerintah, orang tua dan masyarakat sebagai penanggung jawab terselenggaranya pendidikan harus dikelola dengan baik oleh kepala sekolah / madrasah selaku menejer. Dalam melaksnakan pengembangan sarana dan prasarana kepala sekolah harus memperhatikan prinsip-prinsip manajemen pembiyaan agar dapat berhasil maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagamnana penerapan prinsip pembiayaan dalam mengembangkan lembaga pendidikan. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif deskriptif denggan rancangan studi multisitus. Tehnik pengumpulan datanya menggunakan tehnik wawancara, observasi mendalam dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini adalah : 1) Prinsip keadilan telah dilaksanakan dengan : a. memberikan peluang yang sama tanpa memandang latar belakang calon siswa untuk mendapatkan pendidikan. b. Meberikan keringan terhadap siswa yang kurang mampu dalam meberikan sumbangan investasi. c. Tidak ada perlakuan khusus bagi siswa yang mampu atau tidak mampu. d. siswa bebas memilih program pengembangan bakat dan minat. 2). Prinsip efisiensi dilaksanakan dengan baik hal ini terbukti : a. Pembentukan tim pengembang tiap tahun. b. Penyusun RAPBS//M dan menyusun program pengembangan sarana prasarana dan menerima masukan dari seluruh warga sekolah. c. Mengangkat konsultan yang ahli dalam pembangunan. 3). Prinsip transparansi dilaksnakan dengan bukti : a. sosiali sasi program pengembangan kepada warga sekolah/madrasah dan wali siswa. b. pembagian contak person bagi yang ingin mengusulkan atau menanyakan program pengembangan. c. Sosialisasi web sekolah . 4) Prinsip akuntabilitas dapt dilakukan dengan : a. Pelaporan dilakukan secara insidental dan periodik. b. Sosialisasi laporan dismpaikan melalui rapat maupun melalui web. c. Sebelum penyerahan laporan dilakukan audit oleh pihal eksternal maupun eksternal.
Item Type: | Disertasi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Kategori Pustaka > Agama > Non Muslim |
Depositing User: | 12950121002 ABDULLAH AL GHOZI |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:37 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 03:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59457 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |