ALI ZAINAL ABIDIN, 126208211004 (2025) PENGEMBANGAN E-HANDOUT BERBASIS KOMPONEN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS X DI SMA NUSANTARA BUNGAH TAHUN PELAJARAN 2024/2025. [ Skripsi ]
![]() |
Text
cover.pdf Download (561kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (725kB) |
![]() |
Text
daftar isi.pdf Download (466kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Handout Berbasis Komponen Pendekatan Kontekstual pada Materi Bioteknologi Kelas X di SMA Nusantara Bungah Tahun Pelajaran 2024/2025” ditulis oleh Ali Zainal Abidin, NIM. 126208211004, dosen pembimbing Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci: E-Handout, Bioteknologi, Media Pembelajaran Media pembelajaran merupakan salah satu komponen krusial yang harus ada dalam proses pembelajaran. Terbatasnya sumber belajar dan kurang adanya inovasi media pembelajaran dapat mengakibatkan penurunan hasil dan minat belajar peserta didik. Hal tersebut selaras dengan permasalahan yang terjadi di SMA Nusantara Bungah yakni tidak tersusunnya konsep materi bioteknologi dalam LKS kelas X karena revisi materi pada kurikulum merdeka. Diketahui bahwa materi bioteknologi menjadi salah satu materi yang sulit dipelajari dan sebagian besar peserta didik hanya menggunakan LKS sebagai sumber belajarnya. Oleh karena itu, sesuai kondisi tersebut akan dilakukan penelitian dan pengembangan media pembelajaran berupa e-handout bioteknologi berbasis komponen pendekatan kontekstual. Penelitian ini dilakukan dengan harapan agar peserta didik mendapatkan sumber belajar tambahan yang efektif dan efisien serta sesuai dengan perkembangan zaman. Selain itu, adanya e-handout tersebut dapat digunakan pendidik sebagai referensi dan alat bantu dalam penyampaian materi bioteknologi. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil kevalidan e-handout berbasis komponen pendekatan kontekstual pada materi bioteknologi kelas X di SMA Nusantara Bungah, (2) mendeskripsikan hasil kepraktisan e-handout berbasis komponen pendekatan kontekstual pada materi bioteknologi kelas X di SMA Nusantara Bungah, (3) mendeskripsikan hasil keefektifan e-handout berbasis komponen pendekatan kontekstual pada materi bioteknologi kelas X di SMA Nusantara Bungah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD) dengan model 4D Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Metode pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, angket, dan tes. Tahap uji implementasi produk digunakan quasi-experiment dengan jenis nonequivalent control group design. Sampel uji coba diambil 2 kelompok yakni peserta didik kelas X2 sebagai kelompok eksperimen dan peserta didik kelas X1 sebagai kelompok kontrol. Hasil pengambilan data kualitatif akan dideskripsikan dan diambil kesimpulan. Sedangkan data kuantitatif akan dianalisis secara deskriptif dan statistik melalui uji N-gain, independent t-test dan uji effect size Cohen’s. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian diperoleh (1) tingkat validitas e-handout bioteknologi berdasarkan validasi dari ahli materi diperoleh skor total 59 dengan persentase 90,7% (sangat valid), ahli media diperoleh total skor 48 dengan persentase 96% (sangat valid), dan ahli praktisi diperoleh total skor 80 dengan persentase 88,9% (sangat valid). Maka, rata-rata hasil validasi para ahli diperoleh persentase sebesar 91,9% (sangat valid). Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-handout bioteknologi berbasis komponen pendekatan kontekstual sangat layak dan valid digunakan sebagai media pembelajaran. (2) Uji kepraktisan skala terbatas diperoleh hasil rata-rata skor 70 dengan persentase 93,3% (sangat praktis). Pada uji kepraktisan lanjutan dengan skala yang diperluas diperoleh hasil rata-rata skor 68,7 dengan persentase 91,6% (sangat praktis). Dapat disimpulkan bahwa e-handout bioteknologi berbasis komponen pendekatan kontekstual sangat mudah dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran. (3) Efektivitas penggunaan e-handout bioteknologi berdasarkan hasil uji N-gain pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata skor 0,66 (sedang) dan kelas kontrol diperoleh rata-rata skor 0,22 (rendah). Hasil uji independent t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 (p<0,05) maka menunjukkan terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil uji effect size Cohen’s d diperoleh nilai sebesar 1,398 (efek sangat besar). Sehingga dapat disimpulkan e-handout bioteknologi berbasis komponen pendekatan kontekstual efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi > Perkembangan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208211004 ALI ZAINAL ABIDIN |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:10 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59548 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |