PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI MTS MIFTAHUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG

RISKA ANGGRAENI, 126211201025 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI MTS MIFTAHUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (354kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (563kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB.I.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB.II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)
[img] Text
BAB.III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB)
[img] Text
BAB.IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB)
[img] Text
BAB.V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
BAB.VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (463kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “ Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Keterampilan Berpikir dan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Getaran dan Gelombang di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Riska Anggraeni, NIM. 126211201025, Jurusan Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan dosen pembimbing Husni Cahyadi, M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inquiry Training, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Getaran, Gelombang Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran fisika (IPA) di kelas masih berpusat pada guru, sehingga pengetahuan siswa berasal dari guru. Proses pembelajaran seperti ini tidak memberikan akses bagi siswa untuk berkembang secara mandiri dalam menemukan sendiri pengetahuannya. Sehingga akan berdampak pada berpikir kritis siswa yang tidak pernah dilatih. Selain itu, proses pembelajaran yang berpusat pada guru juga menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa yang rendah. Oleh karena itu pembelajaran fisika harusnya disajikan dengan model pembelajaran yang lebih bervariasi serta memanfaatkan media yang ada. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan berbasis kritis siswa pada materi getaran dan gelombang. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang.Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian dipilih adalah quasi experiment dan desain penelitianya adalah non equivalent contol group desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa/i MTs Miftahul Huda Ngunut yangbberjumlah 145 siswa dan sample penelitian ini adalah kelas VIII-A sebagai kelas eksperiment dan Kelas VIII-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen dengan uji validitas dan releabilitas, uji prasyarat penelitian menggunakan normalitas dan homogenitas, dan uji hipotesis yang menggunakan uji Mann Whitney, Independent sample t-test dan Kruskall Wallis. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000. Terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry training terhapap hasil belajar dengan nilai hasil belajar fisika dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.005. Terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar fisika dengan nilai signifikansi sebesar 0.000. Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah “Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Getaran dan Gelombang MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung”.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211201025 RISKA ANGGRAENI
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:34
Last Modified: 29 Jul 2025 02:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60148

Actions (login required)

View Item View Item