ARISTA SELVIANI, 126204211010 (2025) IMAJINASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS X-1 DI SMA NEGERI 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (725kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (372kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (901kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Imajinasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Pada Materi Teorema Pythagoras Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas X-1 di SMA Negeri 1 Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Arista Selviani, NIM 126204211010 , Program Studi Tadris iMatematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbingi Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Imajinasi Matematis, Gaya Kognitif, Field Independent dan Field Dependent, Teorema Pythagoras. Pemahaman konsep matematika yang mendalam melibatkan kemampuan berpikir abstrak dan imajinasi matematis, yang penting untuk memvisualisasi dan menyususn strategi penyelesaian masalah terutama dalam materi Teorema Pythagoras. Setiap siswa memiliki gaya kognitif yang berbeda, ada yang berpikir analitis (Langkah demi Langkah) dan ada yang global (gambaran besar). Perbedaan ini memengaruhi cara mereka menyelesaikan soal matematika. Oleh karena itu, penting untuk menelusuri bagaimana imajinasi matematis siswa berfungsi dalam konteks gaya kognitif yang berbeda untuk memahami proses berpikir matematis siswa di kelas X-1 SMA Negeri 1 Kalidawir Tulungagung. Tujuan penelitian ini diharapkan mampu memberi sumbangsih keilmuan tentang kemampuan imajinasi matematis siswa yang memiliki igaya kognitif field independent (FI) dan kognitif field dependent (FD) dalam menyelesaikan permasalahani pada materi teorema pythagoras siswa kelas X-1 di SMA Negeri 1 Kalidawir Tulungagung. Metode Penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Instrument yang digunakan adalah tes GEFT, tes imajinasi matematis dan wawancara. Penelitian ini mengambil 4 siswa terdiri dari 2 siswa dengan gaya kognitif Field Independent (FI) idan 2 siswa dengan gaya kognitif Field Dependent (FD). Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa (1) Siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independent (FI) pada umumnya memiliki imajinasi matematis yang berbeda daripada siswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent (FD) terutama dalam menyelesaikan masalah. Siswa dengan gaya kognitif Field Independent (FI) mampu memenuhi 8 indikator imajinasi matematis yaitu sensibilitas, kristalisasi, transformasi, eksplorasi, elaborasi, produktifitas, keefektifan, dan kebaruan. Sedangkan belum maksimal untuk aspek lainnya. (2) Siswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependnet (FD) pada umumnya memiliki imajinasi matematis yang lebih rendah daripada siswa dengan gaya kognitif Field Independent (FI). Siswa dengan gaya kognitif Field Dependnet (FD) hanya mampu memenuhi 3 indikator imajinasi matematis dalam menyelesaikan masalah yaitu sensibilitas, kristalisasi dan elaborasi. Sedangkan belum maksimal untuk aspek lainnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204211010 ARISTA SELVIANI |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 03:50 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 03:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60160 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |