PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING UNTUK SMP KELAS VIII

DIMAS DZIQRUL AMIN, 2814123063 (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING UNTUK SMP KELAS VIII. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (521kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (716kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (660kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (85kB)

Abstract

ABSTRAK Dimas Dziqrul Amin, 2016, NIM: 2814123063 dengan judul skripsi “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Materi Luas dan Keliling Lingkaran dengan Pendekatan Discovery Learning Untuk Siswa SMP Kelas VIII” jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Instiut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Eny Setyowati, S.Pd, M.M Kata kunci : pengembangan, buku, ajar, discovery, learning, keliling, luas, lingkaran. Bahan ajar sebagai perangkat pembelajaran digunakan secara luas oleh pendidik dan peserta didik baik sebagai sumber belajar utama dan alat kelengkapan dalam proses belajar mengajar, sehingga memegang peran penting didalamnya. Penggunaan secara luas bahan ajar baik dalam bentuk buku ajar, lembar kerja ataupun modul sangat penting guna meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dan pengembangan bahan ajar berupa buku ajar menjadi tantangan tersendiri karena disusun berdasarkan karakteristik siswa, penggunaan pendekatan yang cocok bagi siswa sesuai dengan perkembangan kognitif, dan disusun untuk menambah ketertarikan siswa agar termotivasi dalam belajar matematika. Penelitian dan pengembangan bahan ajar berupa buku ajar disusun berdasarkan pendekatan discovery learning yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi perkembangan kognitif siswa. Rumusan masalah dalam penelitian adalah: (1) Bagaimana hasil pengembangan buku ajar matematika materi keliling dan luas lingkaran dengan pendekatan Discovery Learning?; (2) Apakah buku ajar yang dikembangkan sesuai atau layak berdasarkan validasi isi dan uji coba produk untuk dipergunakan sebagai salah satu buku ajar Matematika? (3) Adakah pengaruh penggunaan produk pengembangan buku ajar matematika dengan pendekatan proses discovery learning terhadap hasil belajar siswa? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan hasil pengembangan buku ajar matematika materi keliling dan luas lingkaran dengan pendekatan proses discovery learning; (2) Untuk mengetahui apakah buku ajar yang dikembangkan sesuai atau layak berdasarkan validasi isi dan uji coba produk untuk dipergunakan sebagai salah satu buku ajar Matematika; (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan produk pengembangan buku ajar matematika dengan pendekatan proses discovery learning dan mind maping terhadap hasil belajar siswa. Adapun dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) atau yang lebih dikenal dengan istilah R & D sedangkan model penelitian dan pengembangan yang dipilih adalah siklus Borg & Gall meliputi (1) penelitian dan pengumpulan data awal; (2) Perencanaan produk; (3) pengembangan format produk awal; (4) uji coba awal; (5) Revisi produk; (6) Uji coba lapangan. Dalam pengembangan ini, buku ajar divalidasi oleh ahli bahan ajar, ahli pendekatan Discovery Learningc, praktisi lapangan serta uji manfaat pengguna baik pengguna sebagai siswa dan pengguna sebgai guru atau praktisi lapangan. Sedangkan untuk mengetahui keberhasilan buku ajar digunakan tes dalam pengambilan data. Metode analisis data menggunakan uji perbandingan dua kelompok bebas yakni menggunakan uji independent t-test. Sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan buku ajar digunakan penghitungan effect size pada uji t digunakan rumus Cohen’s. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah 1) penelitian dan pengembangan ( R & D) menghasilkan produk berupa buku ajar pada pokok bahasan lingkaran yang meliputi keliling dan luas lingkaran. dengan pendekatan Discovery Learning meliputi : Sampul buku ajar, kata pengantar, panduan belajar, daftar isi, sampul bab, KI, KD, indikator, alur pembelajaran serta kata kunci, aktivitas, kolom penemuan, kesimpulan, contoh, latihan soal, daftar pustaka. materi yang dikembangkan adalah pokok bahasan lingkaran yang meliputi keliling dan luas lingkaran; 2) Hasil kelayakan buku ajar menunjukkan Kevalidan produk buku ajar pada penelitian dan pengembangan ( R & D) dengan pendekatan Discovery Learning ditunjukkan dengan presentase sebesar 83,28% dari penilaian dosen dan praktisi lapangan sedangkan penilaian dari pengguna baik siswa dan guru menunjukkan rata-rata presentase sebesar 83 % sehingga dapat disimpulkan produk buku ajar layak dipergunakan; 3) Terdapatnya pengaruh penggunaan buku ajar dengan pendekatan Discovery Learning dapat dilihat dari hasil analisis uji t-test yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel ( sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh penggunaan buku ajar dengan pendekatan Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika materi keliling dan luas lingkaran pada siswa kelas VIII SMPN 2 Ngantru Tulungagung”, sedangkan besar pengaruh penggunaan produk buku ajar dengan pendekatan Discovery Learning ditunjukkan dengan effect size pada uji t digunakan rumus Cohen’s. Penghitungan menghasilkan nilai 1,3076. Menurut tabel interpretasi nilai Cohen’s persentasenya sebesar 90% dan tergolong large (tinggi).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123063 DIMAS DZIQRUL AMIN
Date Deposited: 11 Sep 2017 04:25
Last Modified: 11 Sep 2017 04:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6017

Actions (login required)

View Item View Item