TIARA AYU ARDITA, 126208213103 (2025) ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU PADA MATERI BIOTEKNOLOGI DI KELAS IX SMP NEGERI 1 NGUNUT. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul " Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Pada Materi Bioteknologi Di Kelas IX SMP Negeri 1 Ngunut". Skripsi ini ditulis oleh Tiara Ayu Ardita NIM. 126208213103, Prodi Tadris Biologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Nanang Purwanto M, Pd. Kata Kunci: Analisis, Keterampilan Dasar Mengajar, Materi Bioteknologi Keterampilan dasar mengajar merupakan keterampilan spesifik yang harus dimiliki oleh setiap guru agar dapat melaksanakan tugas mengajar secara efektif, efisien, dan profesional. SMP Negeri 1 Ngunut merupakan salah satu sekolah favorit dengan kualitas pendidikan yang baik. Terdapat beberapa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi bioteknologi. Kesulitan tersebut diakibatkan karena siswa kesulitan didalam membedakan bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern serta menjelaskan peran mikroorganisme. Ada beberapa siswa juga tidak menyukai pembelajaran IPA khusunya materi bioteknologi karena materi tersebut membutuhkan praktik secara langsung agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru. Pada penyampaian materi terkadang beberapa siswa berjalan ke bangku teman lainnya, ada juga siswa yang mengobrol dengan teman sebangkunya. Akan tetapi, guru IPA mampu mengkondisikan kelas dengan baik dan melakukan komunikasi baik dan akrab dengan siswa, sehingga tercipta suasana kelas yang kondusif dan aktif. Tujuan penelitian ini yaitu, (1) Mendeskripsikan keterampilan dasar mengajar guru pada materi bioteknologi kelas IX di SMP Negeri 1 Ngunut, (2) Mendeskripsikan kendala atau kesulitan guru dan siswa saat kegiatan pembelajaran di kelas, (3) Mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi kendala atau kesulitan belajar siswa saat kegiatan pembelajaran di kelas. Sehingga nanti hasilnya dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan meningkatkan kualitas mengajar bagi guru sehingga terciptanya pembelajaran yang kondusif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian yaitu guru IPA kelas IX SMP Negeri 1 Ngunut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi pada penelitian ini untuk mengetahui keterampilan dasar mengajar guru IPA dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Wawancara pada penelitian dilakukan kepada guru IPA kelas IX dan beberapa siswa kelas IX untuk mengetahui berbagai kendala guru dan kesulitan siswa dan untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan guru. Dokumentasi digunakan sebagai bukti proses penelitian berlangsung. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi (sumber, waktu dan teknik), ketekunan atau keajegan pengamat dan penggunaan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Kemampuan guru IPA dalam melaksanakan delapan keterampilan dasar mengajar dalam pembelajaran masuk dalam kategori cukup baik, hal tersebut terbukti dengan terlaksananya sebagaian komponen keterampilan dasar mengajar. Secara keseluruhan, penerapa keterampilan memberi penguatan mecapai rata-rata 56,6 % termasuk dalam kategori cukup baik, keterampilan bertanya mencapai rata-rata 97,6 % termasuk dalam kategori sangat baik, keterampilan mengadakan variasi mencapai rata-rata 92,5% termasuk dalam kategori sangat baik, keterampilan menjelaskan mencapai rata-rata 86,9% termasuk dalam kategori baik, keterampilan membuka dan menutup pelajaran mencapai rata-rata 59,5 % termasuk dalam kategori cukup baik, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan mencapai rata-rata 66,1% termasuk dalam kategori cukup baik, keterampilan mengelola kelas mencapai rata-rata 44,8% termasuk dalam kategori cukup baik. Dari penerapan keterampilan dasar tersebut terdapat keterampilan yang belum terlaksana dengan baik, yaitu keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil mencapai rata-rata 20,7 yang termasuk dalam kategori kurang. (2) Kendala atau kesulitan yang dialami oleh guru IPA kelas IX SMP Negeri 1 Ngunut adalah guru terkendala dalam memahami karakter siswa, kurangnya kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran, materi tidak tersampaikan secara keseluruhan, guru mengalami kesulitan dalam mengelola kelas dan mengkondisikan siswa, guru mengalami kesulitan dalam penerapan RPP. Kesulitan yang dialami oleh siswa kelas IX adalah siswa kesulitan memahami materi IPA sehingga menyebabkan mereka tidak menyukai mata pelajaran IPA dan kesulitan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas mulai dari mereka sendiri yang kurang fokus dan siswa yang telalu ramai. (3) Upaya yang dapat dilakukan oleh guru IPA kelas IX SMP Negeri 1 Ngunut untuk mengatasi kendala atau kesulitan yang dialami ketika pembelajaran adalah dengan memantau dan memandu siswa yang kesulitan merivew tugas, memberi perlakuan sesuai karakter siswa, memberikan penjelasan berupa point-point utama, menciptakan pembelajaran yang mudah diikuti oleh siswa, berusaha untuk merespon pertanyaan siswa, menggunakan metode yang sesuai dengan karakter siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208213103 TIARA AYU ARDITA |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 07:08 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 07:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60184 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |