MIFTAKUL NA'IMAH, 126208211023 (2025) PENGEMBANGAN E-BOOK PETUNJUK PRAKTIKUM IDENTIFIKASI MORFOLOGI Aspergillus sp. DAN Rhizopus sp. SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (570kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (423kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (375kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (660kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (360kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Skripsi dengan Judul “Pengembangan E-Book Petunjuk Praktikum Identifikasi Morfologi Aspergillus sp. Dan Rhizopus sp. Sebagai Bahan Ajar Biologi” ditulis oleh Miftakul Na’imah, NIM. 126208211023, dosen pembimbing Muhammad Iqbal Filayani, M.Si. Kata Kunci: E-Book Petunjuk Praktikum, Morfologi Aspergillus sp.Dan Rhizopus sp. Pembelajaran biologi merupakan pembalajaran yang diperlukan pemahaman atas konsep dari materi sendiri. Memahami konsep pada pembelajaran biologi membutuhkan media pembelajaran yang mendukung. Pada mata pelajaran biologi, tidak lepas dari kegiatan praktikum yang pastinya membutuhkan media pembelajaran berupa buku petunjuk praktikum. Akan tetapi terkadang buku petunjuk praktikum dinilai kurang menarik, sulit dipahami, serta belum dilengkapi dengan gambar dan video tutorial. Selain itu, ketersediaan objek dan alat disekolah masih terbatas salah satunya terkait dengan jamur mikroskopis. Penelitian ini mengusulkan mengidentifikasi jamur mikroskopis dengan menyediakan objek pengamatan sebagai alternatif objek praktikum. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, 57% siswa menyatakan membutuhkan media pembelajaran berupa ¬e-book petunjuk praktikum dilengkapi dengan gambar dan video yang jelas agar mudah untuk dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan morfologi Aspergillus sp. dan Rhizopus sp. pada roti berjamur dan tempe dengan bungkus plastik. (2) Mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar e-book petunjuk praktikum identifikasi morfologi Aspergillus sp. dan Rhizopus sp. sebagai bahan ajar biologi (3) Mendeskripsikan kevalidan e-book petunjuk praktikum identifikasi morfologi Aspergillus sp. dan Rhizopus sp. sebagai bahan ajar biologi. (4) Mendeskripsikan kepraktisan e-book petunjuk praktikum identifikasi morfologi Aspergillus sp. dan Rhizopus sp. sebagai bahan ajar biologi. (5) Mendeskripsikan keefektifan bahan ajar e-book petunjuk praktikum identifikasi morfologi Aspergillus sp. dan Rhizopus sp. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari limat tahap, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada tahap desain berupa pengamatan struktur morfologi jamur mikroskopis di laboratorium mikrobiologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung penelitian ini menggunakan metode kultur slide. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian yaitu (1)morfologi Aspergillus sp. dan Rhizopus sp. yang ditemukan pada roti berjamur dan tempe dengan bungkus plastik berupa struktur sporangiofor, sporangium, sporangiospora, rhizoid, kolumela, stolon, konidia, konidiofor, sterigmata, dan vesikel. (2)proses pengembangan produk e-book petunjuk praktikum yaitu melakukan analisis kebutuhan bahan ajar yang sesuai dengan capaian pembelajaran, membuat sketsa produk bahan ajar dan produk pengembangan bahan ajar disusun dengan beberapa komponen yaitu: halaman sampu (cover), kata pengantar, daftar isi, topik praktikum, capaian pembelajaran, tujuan praktikum, dasar teori, daftar alat dan bahan, prosedur kerja, tabel pengamatan, rangkuman materi, tabel hasil pengamatan, lembar peringatan, format penulisan laporan praktikum, soal pengayaan, daftar rujukan, dan sampul bagian belakang. Setelah produk yang dikembangkan selesai, tahap selanjutnya yaitu validasi ahli materi, ahli media dan guru pengampu. Selanjutnya dilaksnakan uji kepaktisan dan keefektifan atau uji coba produk dengan menggunakan kegiatan praktikum. Langkah terakhir evaluasi pada seluruh tahapan dan revisi akhir dari e-book petunjuk praktikum berdasarkan komentar dan saran dari hasil angket respon siswa. (3)kevalidan produk bahan ajar e-book petunjuk praktikum dengan hasil validasi oleh ahli media, ahli materi, dan guru pengampu dengan hasil presentase 84,4%, 83,3%, dan 80%. (4)kepraktisan produk e-book petunjuk praktikum melalui angket respon siswa menunjukkan hasil presentase sebesar 81% yang berarti sangat layak digunakan sebagai media bahan ajar pada materi fungi (5) keefektifan produk e-book petunjuk praktikum melalui uji pretest, kegiatan praktikum, dan uji posttest memperoleh hasil yang sudahdianalisis menggunakan uji Wilcoxon diperoleh nilai sig. 0,000 yang mana nilai Sig. <0,05 yang berarti produk e-book petunjuk praktikum berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Nilai N-Gain Skor yang diperoleh sebesar 0,6114 dan nilai N-Gain persen sebesar 61,1383 dapat diartikan terdapat peningkatan dengan kategori sedang terhadap nilai pretest dan posttest serta media bahan ajar termasuk kategori cukup efektif untuk digunakan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208211023 MIFTAKUL NA'IMAH |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 06:44 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 06:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60252 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |