NADIYA MARIATUL HUSNA, 126204212138 (2025) ANALISIS KESALAHAN NEWMAN BERDASARKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLTV TENTANG ZAKAT PADA KELAS X MAN 1 BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (706kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (352kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (595kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Analisis Kesalahan Newman Berdasarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Masalah SPLTV tentang Zakat pada Kelas X MAN 1 Blitar” ini ditulis oleh Nadiya Mariatul Husna, NIM. 126204212138, dengan pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata kunci: Analisis Kesalahan, Prosedur Newman, Masalah Cerita, SPLTV, Zakat. Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan matematika yang penting untuk dikuasai oleh siswa. Kemampuan ini penting agar siswa dapat mengontruksi pemikirannya secara rasional dan logis. Kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran dapat diwujudkan melalui masalah matematika. Salah satu materi yang dapat dengan mudah diwujudkan melalui sebuah masalah adalah materi SPLTV. Berdasarkan hasil observsi dan wawancara di salah satu kelas X MAN 1 Blitar, siswa seringkali merasa kesulitan dan menunjukkan hasil yang rendah saat diberikan soal matematika non rutin. Banyak siswa yang tidak mampu memenuhi indikator pemecahan masalah dengan baik khususnya dalam melaksanakan rencana atau prosedur perhitungan. Temuan ini mengindikasikan perlunya analisis terhadap kesalahan yang dilakukan oleh siswa sehingga guru dapat memetakan pembelajaran yang lebih baik ke depannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah SPLTV tentang zakat pada masing-masing kelompok kemampuan pemecahan masalah yakni kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa kelas X-K MAN 1 Blitar dengan 2 siswa berkemampuan pemecahan masalah tinggi, 2 siswa berkemampuan pemecahan masalah sedang, dan 2 siswa berkemampuan pemecahan masalah rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Analisis data yang dipakai yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan ketekunan pengamatan, triagulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Subjek dengan kategori kemampuan pemecahan masalah tinggi menunjukkan perbedaan dalam melakukan kesalahan. Subjek pertama melakukan kesalahan pada hampir seluruh indikator kesalahan Newman, kecuali pada indikator kesalahan keterampilan proses. Sementara itu, subjek kedua tidak menunjukkan kesalahan pada seluruh indikator. 2) Subjek dengan kategori kemampuan pemecahan masalah sedang melakukan kesalahan pada 3 indikator kesalahan Newman, yaitu kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. 3) Subjek dengan kategori kemampuan kemampuan pemecahan masalah rendah melakukan kesalahan pada 4-5 indikator kesalahan Newman.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Matematika > Masalah Matermatika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204212138 NADIYA MARIATUL HUSNA |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 01:10 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 01:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60276 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |