FARADISA NURUL ILMA, 126303211006 (2025) KONSEP RIDHA PERSPEKTIF GURU HONORER KELOMPOK BERMAIN KASIH BUNDA DAN KELOMPOK BERMAIN AL MUSLIHUN KABUPATEN BLITAR (Studi Fenomenologi). [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (610kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (674kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (819kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (995kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (701kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (760kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (700kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (546kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Konsep Ridha Perspektif Guru Honorer Kelompok Bermain Kasih Bunda dan Kelompok Bermain Al Muslihun Kabupaten Blitar (Studi Fenomenologi)” ini ditulis oleh Faradisa Nurul Ilma, NIM. 126303211006, dengan pembimbing Dr. Bani, M.Pd.I. Kata Kunci: Guru Honorer, Kelompok Bermain, Ridha Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang muncul pada guru honorer di Indonesia. Guru honorer adalah profesi mulia dengan keterbatasan fasilitas, ketidakjelasan status pekerjaan, dan besaran gaji yang tidak sesuai dengan beban kerja yang diemban. Namun dibalik semua keterbatasan itu, mereka menunjukkan sikap ridha, ikhlas, pasrah, dan tetap menjalaninya dengan sepenuh hati. Hal ini menjadi menarik untuk dikaji lebih dalam melalui pendekatan tasawuf, yaitu ridha terhadap takdir Allah. Fokus penelitian pada penelitian ini yaitu bagaimana pemaknaan dan pengalaman ridha para guru honorer di dua Kelompok Bermain di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Tujuan penelitian ini diharapkan mampu memberi sumbangsih keilmuan tentang (1) Memahami bagaimana pemaknaan pemaknaan ridha para guru honorer di dua Kelompok Bermain di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar; dan (2) Memahami bagaimana pengalaman tentang konsep ridha pada guru honorer di dua Kelompok Bermain di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan penelitian dipilih secara purposive, yaitu lima guru honorer yang telah mengajar selama kurang lebih 10 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, kemudian dianalisis menggunakan tahapan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) yang berfokus pada pengalaman subjektif informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemaknaan ridha oleh guru honorer mencakup menerima segala ketetapan Allah, pasrah, rela terhadap takdir, dan percaya pada ketentuan-Nya. Mereka percaya bahwa apa yang terjadi adalah yang terbaik menurut-Nya; (2) Pengalaman ridha guru honorer tercermin dalam perilaku bersyukur, kenyamanan hati, tidak merasa terbebani, tahan menghadapi derita, serta tidak memprotes keadaan yang dialaminya. Temuan ini menunjukkan bahwa ridha menjadi kekuatan spiritual yang mampu menjaga keteguhan hati guru honorer dalam menjalani peran mereka sebagai pengajar anak usia dini, meskipun dalam kondisi yang kurang stabil.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Tasawuf |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Tasawuf Psikoterapi |
Depositing User: | 126303211006 FARADISA NURUL ILMA |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 03:21 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 03:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60561 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |