LAYLA CHOLIDA, 126204212156 (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 5 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (355kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (448kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTsN 5 Trenggalek” ini ditulis oleh Layla Cholida, NIM. 126204212156, pembimbing Dr. Musrikah, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: discovery learning, pemecahan masalah matematis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang rendah. Berdasarkan hasil wawancara dengan pendidik matematika, peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika karena menganggap matematika rumit dan sulit dipelajari. Selain itu, peserta didik juga kesulitan menentukan langkah penyelesaian seperti membuat model matematika dari soal cerita. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang bervariasi yaitu model Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII MTsN 5 Trenggalek. (2) Untuk mengetahui besar pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII MTsN 5 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design, dengan desain penelitian menggunakan nonequivalent control design-posttest only control design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 5 Trenggalek tahun pelajaran 2024/2025, dengan sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII-A dan kelas VIII-B yang dipilih dengan teknik Simple Random Sampling. Kelas VIII-A (kelas eksperimen) menggunakan model Discovery Learning, sedangkan kelas VIII-B (kelas kontrol) menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas serta menggunakan uji hipotesis yaitu uji Independent Sample T-test dengan bantuan IBM SPSS Statistic 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII MTsN 5 Trenggalek yang ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,024 < 0,05. (2) Besar pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII MTsN 5 Trenggalek sebesar 0,61 yang termasuk dalam kategori sedang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204212156 LAYLA CHOLIDA |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 02:47 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 02:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60701 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |