PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MICROSOFT POWERPOINT BERBASIS ANDROID DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LINGKARAN KELAS XI SMK ISLAM 1 DURENAN

RISMA AULIA CHOIRUN NISA, 126204211062 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MICROSOFT POWERPOINT BERBASIS ANDROID DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LINGKARAN KELAS XI SMK ISLAM 1 DURENAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (767kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (705kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Microsoft PowerPoint Berbasis Android dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Lingkaran Kelas XI SMK Islam 1 Durenan” ini ditulis oleh Risma Aulia Choirun Nisa, NIM. 126204211062, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dengan pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd Kata Kunci: Media, Interaktif, Android Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi siswa dalam mempelajari matematika masih tergolong rendah, terutama karena persepsi bahwa mata pelajaran ini sulit dan kurang menarik. Faktor lain seperti keterbatasan media pembelajaran yang interaktif turut mempengaruhi rendahnya minat siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu adanya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran guna memudahkan siswa dalam memahami materi, khususnya pada materi lingkaran. Media pembelajaran yang dikembangkan yaitu media pembelajaran interaktif Microsoft PowerPoint berbasis Android pada materi lingkaran. Adapun tujuan penelitian dan pengemangan ini adalah (1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan media pembelajaran interaktif Microsoft PowerPoint berbasis Android dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi lingkaran kelas XI SMK Islam 1 Durenan, (2) untuk mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran interaktif Microsoft PowerPoint berbasis Android dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi lingkaran kelas XI SMK Islam 1 Durenan, (3) untuk mendeskripsikan kepraktisan interaktif Microsoft PowerPoint berbasis Android dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi lingkaran kelas XI SMK Islam 1 Durenan, (4) untuk mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran interaktif Microsoft PowerPoint berbasis Android dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi lingkaran kelas XI SMK Islam 1 Durenan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang memiliki lima tahap yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian adalah 5 siswa dari kelas XI Manajemen sebagai uji kelompok kecil dan 20 siswa dari kelas XI Akuntansi sebagai uji kelompok besar. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar angket validasi dan respon, lembar observasi serta lembar angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis data meliputi teknik analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa (1) langkah pengembangan media pembelajaran interaktif Microsoft PowerPoint berbasis Android pada materi lingkaran diawali dengan tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. (2) kevalidan media pembelajaran dari validator memperoleh persentase sebesar 92,6%, artinya media pembelajaran dinyatakan valid. (3) kepraktisan media pembelajaran dari rata-rata angket respon guru kelompok kecil dan besar memperoleh presentase sebesar 91,07% sedangkan rata-rata dari hasil observasi guru memperoleh persentase sebesar 87,5%, artinya media pembelajaran dinyatakan praktis. (4) keefektifan media pembelajaran dari hasil angket motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran memperoleh hasil rata-rata peningkatan untuk kelompok kecil sebesar 7,26% dan kelompok besar sebesar 8,4%. Untuk rata-rata dari hasil angket respon siswa kelompok kecil dan besar memperoleh presentase sebesar 85,25% sedangkan rata-rata dari hasil observasi siswa memperoleh persentase sebesar 85,7%. Artinya media pembelajaran dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204211062 RISMA AULIA CHOIRUN NISA
Date Deposited: 25 Aug 2025 04:01
Last Modified: 25 Aug 2025 04:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60774

Actions (login required)

View Item View Item