PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI SISWA KELAS IX MTs. MIFTAAHUL ULUUM SUTOJAYAN BLITAR

RIA JUNIA AGNES ANGGRAINI, 126204212128 (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI SISWA KELAS IX MTs. MIFTAAHUL ULUUM SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (572kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (619kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (434kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Anggraini, Ria Junia Agnes. 2025. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan GeoGebra Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Kelas IX MTs. Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi Dr. Ummu Sholihah, S. Pd, M. Si. Kata Kunci: Discovery Learning, GeoGebra, Pemahaman Konsep Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan pemahaman konsep adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang sesuai. Model Discovery Learning dapat digunakan dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Sebab Discovery Learning merupakan pembelajaran yang tidak diberikan guru kepada siswa secara utuh, tetapi melibatkan siswa untuk menorganisasikan serta mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki untuk menyelesaikan persoalan. Selain menggunakan model pembelajaran Discovery Learning, media pembelajaran juga sangat dibutuhkan saat proses pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika adalah software GeoGebra. Dengan menggunakan GeoGebra pembelajaran akan semakin menarik dan efektif karena pembelajaran akan difokuskan pada pemahaman materi. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning berbantuan GeoGebra terhadap pemahaman konsep geometri siswa kelas IX MTs. Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar. 2) Untuk mengetahui besar pengaruh model Discovery Learning berbantuan GeoGebra terhadap pemahaman konsep geometri siswa kelas IX MTs. Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian Post-Test Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs. Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar dengan jenis cluster random sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IX A sebagai kelas eksperimen (30 siswa) dan siswa kelas IX B sebagai kelas kontrol (30 siswa). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji Independent T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model Discovery Learning berbantuan GeoGebra terhadap pemahaman konsep geometri siswa kelas IX MTs. Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar. 2) Besar pengaruh model Discovery Learning berbantuan GeoGebra terhadap pemahaman konsep geometri siswa kelas IX MTs. Miftaahul Uluum Sutojayan blitar sebesar 0,5664 yang artinya model pembelajaran tersebut mempunyai pengaruh yang besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Geometri
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204212128 RIA JUNIA AGNES ANGGRAINI
Date Deposited: 11 Aug 2025 07:05
Last Modified: 11 Aug 2025 07:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60787

Actions (login required)

View Item View Item