KAMPUNG PELANGI DESA SONOREJO KEDIRI (Strategi Branding untuk Mengembangkan Potensi UMKM dan Seni Budaya Lokal)

LULA CAHYANING WULAN, 126304211036 (2025) KAMPUNG PELANGI DESA SONOREJO KEDIRI (Strategi Branding untuk Mengembangkan Potensi UMKM dan Seni Budaya Lokal). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (859kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya strategi branding dalam pembangunan desa berbasis potensi lokal, khususnya dalam menghadapi tantangan globalisasi dan tuntutan peningkatan daya saing. Kampung Pelangi di Desa Sonorejo hadir sebagai model village branding yang mengintegrasikan estetika visual, pemberdayaan UMKM, dan pelestarian seni budaya lokal. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi branding yang diterapkan dan dampaknya terhadap pengembangan potensi desa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori village branding yang berkaitan dengan place branding menekankan pentingnya identitas lokal, partisipasi masyarakat, dan pelestarian nilai-nilai lokal. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan pendekatan teori Customer Relationship Management (CRM) untuk menganalisis bagaimana strategi branding membangun hubungan jangka panjang dengan wisatawan dan konsumen produk lokal, yang berdampak pada loyalitas dan keterlibatan mereka terhadap desa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan proses pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa village branding Desa Sonorejo yang dilakukan secara partisipatif mampu meningkatkan identitas desa, memperluas pasar UMKM, menghidupkan kembali seni budaya lokal, serta membangun loyalitas wisatawan. Hasil penelitian masih terdapat tantangan rendahnya literasi digital masyarakat dan ketidakstabilan pengelolaan program.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 126304211036 LULA CAHYANING WULAN
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:07
Last Modified: 14 Aug 2025 04:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60964

Actions (login required)

View Item View Item