LULA CAHYANING WULAN, 126304211036 (2025) KAMPUNG PELANGI DESA SONOREJO KEDIRI (Strategi Branding untuk Mengembangkan Potensi UMKM dan Seni Budaya Lokal). [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (859kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya strategi branding dalam pembangunan desa berbasis potensi lokal, khususnya dalam menghadapi tantangan globalisasi dan tuntutan peningkatan daya saing. Kampung Pelangi di Desa Sonorejo hadir sebagai model village branding yang mengintegrasikan estetika visual, pemberdayaan UMKM, dan pelestarian seni budaya lokal. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi branding yang diterapkan dan dampaknya terhadap pengembangan potensi desa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori village branding yang berkaitan dengan place branding menekankan pentingnya identitas lokal, partisipasi masyarakat, dan pelestarian nilai-nilai lokal. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan pendekatan teori Customer Relationship Management (CRM) untuk menganalisis bagaimana strategi branding membangun hubungan jangka panjang dengan wisatawan dan konsumen produk lokal, yang berdampak pada loyalitas dan keterlibatan mereka terhadap desa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan proses pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa village branding Desa Sonorejo yang dilakukan secara partisipatif mampu meningkatkan identitas desa, memperluas pasar UMKM, menghidupkan kembali seni budaya lokal, serta membangun loyalitas wisatawan. Hasil penelitian masih terdapat tantangan rendahnya literasi digital masyarakat dan ketidakstabilan pengelolaan program.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | 126304211036 LULA CAHYANING WULAN |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:07 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60964 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |