FEBRIANSYAH LUQMAN WIJAYA, 1880506230008 (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MUATAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN ASPEK AFEKTIF PESERTA DIDIK (Studi Multisitus di MA Nurul Falah Pogalan dan MA Al Kautsar Durenan Trenggalek). [ Thesis ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (409kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (430kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (963kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Aspek Afektif Peserta Didik (Studi Multisitus di MA Nurul Falah Pogalan dan MA Al Kautsar Durenan Trenggalek)” ini ditulis oleh Febriansyah Luqman Wijaya, NIM. 1880506230008 dengan pembimbing I Prof. Dr. H. Abad Badruzaman, Lc, M.Ag. dan pembimbing II Dr. H. Imam Junaris, S.Ag., M.H.I. Kata kunci : Kurikulum Muatan Lokal, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Aspek Afektif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengembangan dan peningkatan aspek afektif dibandingkan dengan aspek kognitif yang berhubungan dengan merosotnya karakter dan sikap peserta didik. Faktor krisisnya pendidikan karakter tersebut karena dunia pendidikan lebih mengedepankan pengembangan ilmu pengetahuan (kognitif) dibandingkan penerapan ilmu ke dalam keseharian siswa. Maka dari itu, sekolah sangat perlu mendesain kurikulum muatan lokal keagamaan dalam rangka mengembangkan budaya religius agar siswa memiliki sikap spiritual yang mendalam. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah : 1) Bagaimana implementasi kurikulum muatan lokal pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan aspek receiving peserta didik di MA Nurul Falah Pogalan dan MA Al Kautsar Durenan Trenggalek? 2) Bagaimana implementasi kurikulum muatan lokal pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan aspek responding peserta didik di MA Nurul Falah Pogalan dan MA Al Kautsar Durenan Trenggalek? 3) Bagaimana implementasi kurikulum muatan lokal pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan aspek valuing peserta didik MA Nurul Falah Pogalan dan MA Al Kautsar Durenan Trenggalek? Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multisitus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjang keabsahan temuan, ketekunan dan keajekan pengamatan, triangulasi data, dan pendiskusian teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Implementasi kurikulum muatan lokal pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan aspek receiving peserta didik yaitu dilaksanakan strategi, seperti menunjuk siswa yang tidak memperhatikan materi untuk membaca materi atau menjawab pertanyaan dan meminta siswa menjawab di papan tulis. Tujuan strategi ini adalah untuk membuat siswa lebih memperhatikan materi yang diajarkan. Sedangkan dalam pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an, guru dapat menerapkan metode pembelajaran yang berbeda. Penjelasan makna dan kandungan Al-Qur’an dapat memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih giat dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an serta mengamalkannya. Dalam pelaksanaan pembelajaran Mabadi’ Fiqih, Tahfidz Al-Qur’an maupun Aswaja, siswa yang dapat menerima serta memperhatikan materi dengan baik dapat dilihat dari siswa mampu menanggapi dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru, mengerti tentang apa yang akan dipelajari dalam materi tersebut, mengerti apa maksud dari tugas yang diberikan oleh guru, aktif berdiskusi dengan kelompoknya, aktif bertanya, memberikan pendapatnya serta dipastikan dapat merespon ketika diterapkan metode pembelajaran yang berbeda.Sedangkan pengukuran kompetensi receiving siswa menggunakan skala sikap model likert, pengamatan langsung dan wawancara langsung. 2) Implementasi kurikulum muatan lokal pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan aspek responding peserta didik yaitu dengan memberikan penugasan individu dan mempresentasikan hasilnya untuk mengetahui sikap siswa dalam menanggapi dan merespon materi serta dapat meningkatkan aspek responding siswa, karena siswa dituntut untuk menjawab pertanyaan dan menanggapi dengan baik. Evaluasi secara individu dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca, menghafal, dan menjelaskan nilai-nilai ajaran Islam atau isi kandungan ayat-ayat Al-Qur’an serta untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengamalkan nilai-nilai tersebut. Sedangkan untuk pengukuran kompetensi responding adalah dengan menggunakan skala sikap model gutman serta pengamatan langsung. 3) Implementasi kurikulum muatan lokal pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan aspek valuing peserta didik yaitu dilakukan dengan cara guru mengajarkan kepada siswa untuk memiliki sikap yang baik seperti seperti menghormati perbedaan, disiplin, tanggung jawab, kejujuran, dan kerja sama. Indikator penilaian meliputi disiplin, tanggung jawab, kejujuran, kerjasama, menghargai pendapat teman, dan saling membantu. Tujuan guru dalam mengajarkan sikap yang baik dalam pembelajaran adalah membentuk siswa supaya memiliki nilai yang baik dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Pembentukan tahap valuing pada siswa yaitu dari seorang guru yang dijadikan acuan dan tuntunan dalam berperilaku di sekolah. Sehingga guru harus bertindak sebagai suri tauladan bagi kehidupan siswa. Sedangkan untuk pengukuran valuing siswa menggunakan skala sikap model gutman, wawancara langsung dengan siswa, dan jurnal kebaikan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1880506230008 FEBRIANSYAH LUQMAN WIJAYA |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 07:13 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 07:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60984 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |