IMPLEMENTASI PROGRAM MANAJEMEN FULL DAY SCHOOL UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK USIA DINI DI TK AL-MUNAWWAR TULUNGAGUNG

ALICE AINUN NISA, 126206211003 (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM MANAJEMEN FULL DAY SCHOOL UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK USIA DINI DI TK AL-MUNAWWAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (782kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (576kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Program Manajemen Full Day School Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Pada Anak Usia Dini di TK AL-Munawwar Tulungagung” ini ditulis oleh Alice Ainun Nisa, NIM. 126206211003, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Pembimbing: Dr. Musrikah, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen, Full Day School, Keterampilan Sosial Penelitian ini dilatar belakangi dalam dunia Pendidikan anak usia dini dengan berkembangnya zaman teknologi, semakin banyak anak usia dini yang terganggu kesosialan mereka, banyak kasus yang sudah dialami oleh anak dengan kurangnya berinteraksi, kurang merespon, tidak peduli dengan sekitar yang akan mengalami dampak buruk, seperti kurangnya menghormati orang lain, berkata kasar, tidak bertanggung jawab akan mengakibatkan anak menjadi penyendiri, merenung dan kepercayaan diri menurun. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan program full day school untuk mengembangkan keterampilan sosial di TK Al-Munawwar Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program full day school untuk mengembangkan keterampilan sosial di TK Al-Munawwar Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi program full day school untuk mengembangkan keterampilan sosial di TK AL-Munawwar Tulungagung. (4) Untuk mendeskripsikan implikasi dalam program full day school dalam mengembangkan keterampilan sosial anak di TK Al-Munawwar Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian studi kasus. Menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif meliputi reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan (1) Perencanaan program di awali dengan rapat perencanaan, menentukan tujuan, menentukan langkah-langkah yang disesuaikan dengan visi misi lembaga, dan menentukan orang yang bertanggung jawab dengan hasil perencanaan yang matang; (2) Pelaksanaan di mulai pada hari Senin-Kamis dimulai pukul 07.30-14:00. Pada hari Jum’at-Sabtu siswa mengikuti ekstrakurikuler dimulai pada pukul 07.30-11:00, dalam hal tersebut lembaga memiliki pelaksanaan yang terstruktur. Kepala sekolah dan guru memiliki peran penting dalam mengembangkan keterampilan sosial anak. (3) Evaluasi yang dilakukan dari evaluasi perencanaan dan evaluasi pelaksanaan dilakukan dengan memperoleh informasi, mengamati, menyediakan informasi dan melihat ketercapaian tujuan. (4) Implikasi program full day school yang ada di TK AL-Munawwar Tulungagung untuk mengembangkan keterampilan sosial anak usia dini yaitu berempati kerjasama, berbagi, menolong, simpati, dan menghormati sesama, kepedulian atau solidaritas memiliki sikap tanggungjawab, disiplin dengan dipengaruhi faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206211003 ALICE AINUN NISA
Date Deposited: 19 Aug 2025 03:49
Last Modified: 19 Aug 2025 03:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61087

Actions (login required)

View Item View Item