EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM INFORMASI PEMERINTAH DAERAH BIDANG AKUNTANSIPADA DINAS PERUMAHAN DAN KAWASAN PERMUKIMAN KABUPATEN KEDIRI

ANA SABILATUR ROHMAH, 126403211028 (2025) EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM INFORMASI PEMERINTAH DAERAH BIDANG AKUNTANSIPADA DINAS PERUMAHAN DAN KAWASAN PERMUKIMAN KABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Skripsi dengan judul “Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Pemerintah Daerah Bidang Akuntansi Pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kediri” ini ditulis oleh Ana Sabilatur Rohmah, NIM 126403211028, pembimbing Fia Rahma, S.E., M.S.A. Kata kunci: Efektivitas, SIPD, Akuntansi Pada era kemajuan teknologi informasi seperti saat ini, transformasi digital telah menjadi salah satu faktor kunci dalam perubahan paradigma pelayanan publik, terutama di sektor pemerintahan. Perubahan regulasi, seperti dikeluarkannya Permendagri No. 70 Tahun 2019, memberikan landasan hukum untuk penggunaan Aplikasi SIPD dalam pengelolaan keuangan daerah. Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kediri memiliki peran penting dalam pengelolaan anggaran publik untuk berbagai proyek dan program yang berkaitan dengan perumahan dan penataan kawasan permukiman. Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) menjadi langkah strategis dalam mendukung transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi dalam pengelolaan keuangan daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui ketepatan sasaran dalam penerapan aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah Bidang Akuntansi, 2). Untuk Mengetahui tercapainya tujuan dalam penerapan aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah Bidang Akuntansi, 3). Untuk Mengetahui perubahan yang nyata dalam penerapan aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah Bidang Akuntansi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dan diolah secara sistematis sehingga dapat diperoleh kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi SIPD dalam pengelolaan akuntansi di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kediri telah efektif berhasil menyediakan sistem yang terintegrasi, mendukung pengelolaan keuangan yang lebih akurat, cepat dan trasparan. Sistem ini mampu meminimalkan resiko kesalahan manual melalui digitalisasi dan otomatisasi proses akutansi. Selain itu, fitur real-time monitoring yang dimiliki SIPD memungkinkan pemerintah daerah untuk mengawasi setiap tahapan pengelolaan keuangan secara lebih efisien.beberapa aspek, seperti pencatatan dan pembukuan keuangan yang lebih akurat, kemudahan akses data, dan efisiensi waktu dalam penyusunan laporan keuangan. Namun, masih terdapat kendala dalam hal pemahaman teknologi oleh staf, keterbatasan fitur aplikasi, dan gangguan teknis yang mempengaruhi proses pengelolaan keuangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 126403211028 ANA SABILATUR ROHMAH
Date Deposited: 27 Aug 2025 04:21
Last Modified: 27 Aug 2025 04:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61303

Actions (login required)

View Item View Item