KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL) DAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN FIKIH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA (STUDI KASUS: MA AL MUSLIHUN TUNGGANGRI)

MUH ROFIQ NUR ABDILLAH, 1880506230041 and TEGUH, 197003102001121002 and KHOIRUL ANAM, 198008252006041007 (2025) KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL) DAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN FIKIH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA (STUDI KASUS: MA AL MUSLIHUN TUNGGANGRI). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (217kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Kolaborasi Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem-Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Fikih untuk Meningkatkan Prestasi Siswa (Studi Kasus: MA Al Muslihun Tunggangri)” ini ditulis oleh Muh Rofiq Nur Abdillah, NIM. 1880506230041, dengan promotor Prof, Dr. H. Teguh, M.Ag. dan Dr. H. Khoirul Anam, M.Pd.I.. Kata Kunci: Discovery Learning, Problem-Based Learning, Pembelajaran Fikih, Prestasi Belajar, Kolaborasi Model Pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada pembelajaran Fikih di MA Al Muslihun Tunggangri, di mana guru Fikih menerapkan strategi yang pada praktiknya merupakan kombinasi antara model Problem-Based Learning (PBL) dan Discovery Learning, meskipun belum diakui secara formal sebagai model kolaboratif. Kegiatan ini secara rutin dilaksanakan di laboratorium komputer untuk memanfaatkan sumber daya digital, melakukan diskusi, dan mempresentasikan solusi. Secara empiris, metode ini telah meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman konsep, serta kemampuan mengaitkan materi Fikih dengan konteks kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menganalisis proses pembelajaran kolaboratif antara Discovery Learning dan PBL dalam membangun pemahaman konseptual siswa pada mata pelajaran Fikih; (2) Mendeskripsikan interaksi siswa dalam model pembelajaran kolaboratif dan kontribusinya terhadap konstruksi pengetahuan dan peningkatan prestasi belajar; serta (3) Mengevaluasi bagaimana siswa menginternalisasi konsep dan prinsip Fikih melalui proses penemuan dan pemecahan masalah dalam pembelajaran kolaboratif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi antara model Discovery Learning dan PBL dalam pembelajaran Fikih mampu meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa. Siswa menjadi lebih aktif dalam mengeksplorasi konsep dan menerapkannya melalui skenario pemecahan masalah yang kontekstual. Interaksi antar siswa dalam diskusi kelompok juga turut membangun keterampilan sosial dan empati, yang berdampak positif terhadap prestasi belajar mereka. Kolaborasi kedua model ini menciptakan lingkungan belajar yang bermakna, menumbuhkan motivasi, dan menjadikan pembelajaran Fikih lebih aplikatif dan relevan dengan kehidupan siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1880506230041 MUH ROFIQ NUR ABDILLAH
Date Deposited: 03 Sep 2025 04:02
Last Modified: 03 Sep 2025 04:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61675

Actions (login required)

View Item View Item