SELF IDENTITY DEWASA AWAL PELAKU ROLEPLAYER PADA MEDIA WHATSAPP

DELILA VICIARTA ZAHRA, 126308212087 and USWAH WARDIANA, 197002091999032001 (2025) SELF IDENTITY DEWASA AWAL PELAKU ROLEPLAYER PADA MEDIA WHATSAPP. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (584kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu platform media sosial populer adalah WhatsApp, yang saat ini banyak digunakan sebagai alat komunikasi, namun kini berkembang menjadi sarana berbagi informasi dan hiburan. Dengan fitur-fitur seperti grup chat dan status, pengguna dapat membangun hubungan yang lebih mendalam dengan orang-orang di sekitarnya. Namun, fungsi WhatsApp sebagai media komunikasi mengalami pergeseran. Banyak pengguna kini menyembunyikan identitas asli mereka dan bergabung dalam komunitas roleplayer, yaitu individu yang memerankan karakter lain di dunia maya. Fenomena ini menunjukkan bahwa banyak orang menggunakan sebuah platform bukan hanya untuk komunikasi, tetapi juga sebagai media untuk eksplorasi diri dan identitas. Penelitian ini bertujuan untuk untuk memahami makna pengalaman dimanika self identity pada roleplayer di dunia nyata, memahami makna pengalaman dimanika self identity pada roleplayer di dunia roleplay dan memahami pengalaman pergeseran self identity yang ada di roleplay dengan yang ada di dunia nyata Metode Penelitian ini adalah dengan menggunakan penlitian kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi. Partisipan dalam penelitian ini adalah roleplayer yang aktif bermain roleplay menggunakan media WhatsApp. Analisis data yang digunakan adalah pendekatan fenomenologis deskriptif (PFD). Hasil penelitian menunjukkan Informan dalam penelitian ini menunjukkan kecenderungan kepribadian introvert, kurang percaya diri, serta kesulitan dalam mengekspresikan emosi dan dirinya secara terbuka di kehidupan nyata. Faktor-faktor seperti pengalaman masa lalu, lingkungan sosial, dan pola asuh turut membentuk identitas mereka, sehingga sebagian masih berada dalam proses pencarian jati diri. Dunia roleplay menjadi ruang aman yang memungkinkan mereka mengeksplorasi dan menampilkan sisi diri yang tidak bisa ditunjukkan di dunia nyata. Melalui identitas alternatif yang mereka ciptakan, para informan mengalami peningkatan rasa percaya diri, kemampuan sosial, dan penguatan identitas personal. Terdapat pergeseran identitas antara dunia nyata dan dunia virtual, di mana roleplayer mampu menampilkan diri yang lebih terbuka dan komunikatif secara daring.

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Psikologi > Psikologi sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 126308212087 DELILA VICIARTA ZAHRA
Date Deposited: 10 Sep 2025 07:02
Last Modified: 10 Sep 2025 07:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61884

Actions (login required)

View Item View Item