PENGEMBANGAN E-KOMIK DIGITAL BERBASIS KEAGAMAAN MELALUI BOOK CREATOR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS IV MI MANBA’UL ULUM BUNTARAN

ANGGI LAILI MAGHFIROH, 126205213193 and NITA AGUSTINA NURLAILA EKA ERFIANA, 17502165013 (2025) PENGEMBANGAN E-KOMIK DIGITAL BERBASIS KEAGAMAAN MELALUI BOOK CREATOR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS IV MI MANBA’UL ULUM BUNTARAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (541kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Komik Digital Berbasis Keagamaan Melalui Book Creator Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Pada Pembelajaran Fiqih Di Kelas IV MI Manba’ul Ulum Buntaran” ini ditulis oleh Anggi Laili Maghfiroh, dengan pembimbing Dr. Nita Agustina N.E.E, M.Pd.I. Kata Kunci: E-Komik Digital, Book Creator, Minat Baca, Pembelajaran Fiqih, Media Interaktif. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya minat baca siswa terhadap mata pelajaran Fiqih, khususnya pada materi tata cara mandi wajib setelah haid dan ihtilam di kelas IV MI Manba’ul Ulum Buntaran. Media pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvesional dan kurang menarik sehingga siswa kurang bersemangat membaca materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran E-Komik digital berbasis keagamaan melalui aplikasi Book Creator; (2) Mengetahui kelayakan media yang dikembangkan; dan (3) Mengetahui efektivitas media tersebut dalam meningkatkan minat baca siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Manba’ul Ulum Buntaran. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, validasi ahli dan tes hasil belajar. Hasil validasi menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dinilai sangat layak digunakan. Validasi ahli media memperoleh skor 92%, ahli materi 82,35%, dan ahli bahasa 82%, validasi guru terhadap modul ajar mendapatkan skor 92,5%, validasi soal pretest dan postest 74% dan angket respon guru 92,86%. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor presentase 91,6% dan kelompok besar 95,22%, yang termasuk kategori sangat baik. Rata-rata keseluruhan hasil validasi dan uji coba menunjukkan skor diatas 85%, membuktikan bahwa E-Komik digital sangat layak dan efektif dalam meningkatkan minat baca dan pembelajaran lebih menarik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205213193 ANGGI LAILI MAGHFIROH
Date Deposited: 15 Sep 2025 02:43
Last Modified: 15 Sep 2025 02:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61964

Actions (login required)

View Item View Item