ROHMA NUR AISSHA ROFIANI, 126212211027 and RIZKY ARIEF SHOBIRIN, - (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI MATERI STOIKIOMETRI PADA PROGRAM KEAHLIAN KIMIA INDUSTRI DI SMKN 1 BOYOLANGU. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (710kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (393kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan e-Modul Interaktif Berbasis Multipel Representasi Materi Stoikiometri pada Program Keahlian Kimia Industri di SMKN 1 Boyolangu” ini ditulis oleh Rohma Nur Aissha Rofiani, NIM. 126212211027, Dosen Pembimbing Rizky Arief Shobirin, S.Si., M.Si. Kata Kunci: e-Modul, Multipel Representasi, Stoikiometri, Teknik Kimia Industri Stoikiometri merupakan materi penting dalam program keahlian Teknik Kimia Industri di SMK, karena membantu peserta didik memahami perhitungan reaktan dan produk dalam reaksi kimia, yang menjadi dasar berbagai proses industri. Meskipun pembelajaran di SMK lebih menekankan praktik, pemahaman konsep dasar tetap krusial. Namun, banyak siswa mengalami kesulitan karena materi ini memerlukan pemahaman pada tingkat makroskopik, submikroskopik, dan simbolik yang saling berkaitan. Sayangnya, bahan ajar yang digunakan belum sepenuhnya menghubungkan representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik untuk mendukung pembelajaran yang menarik dan aplikatif sesuai dengan Capaian Pembelajaran Teknik Kimia Industri. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk e-Modul berbasis Multipel Representasi materi Stoikiometri pada program keahlian Teknik Kimia Industri di SMKN 1 Boyolangu, (2) mengetahui kelayakan produk berdasarkan penialian dari ahli materi dan ahli media, dan (3) mengetahui respon peserta didik terhadap e-Modul yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE dengan tahap Analize, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Namun, dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap Development dikarenakan keterbatasan waktu dalam penelitian. Instrumen yang digunakan meliputi wawancara guru, angket kebutuhan peserta didik dan angket karakteristik peserta didik yang digunakan untuk analisis kebutuhan bahan ajar, lembar validasi ahli untuk menguji kelayakan produk, serta angket respon peserta didik kelas X Teknik Kimia Industri SMK Negeri 1 Boyolangu sebanyak 37 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dikembangkan e-Modul berbasis Multipel Representasi materi Stoikiometri pada program keahlian Teknik Kimia Industri di SMKN 1 Boyolangu, (2) kelayakan produk memperoleh persentase rata-rata dari ahli materi sebesar 89,5% dengan kategori sangat layak, sedangkan persentase rata-rata dari ahli media 91% dengan kategori sangat layak, serta (3) hasil dari respon peserta didik diperoleh persentase rata-rata sebesar 89% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, e-Modul interaktif berbasis multipel representasi ini layak digunakan sebagai bahan ajar tambahan dalam pembelajaran kimia khususnya pada materi stoikiometri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 126212211027 ROHMA NUR AISSHA ROFIANI |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 06:17 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 06:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62014 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |