PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT BERBASIS GAME BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDI BAYANUL AZHAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

SYAROTUN NABILAH, 126205213242 and SUSANTO, 197308311999031002 (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT BERBASIS GAME BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDI BAYANUL AZHAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (914kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (378kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Berbasis Game Based Learning pada Pembelajaran IPAS terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV di SDI Bayanul Azhar SumbergempolTulungagung”. Ini ditulis oleh Syarotun Nabilah, NIM 126205213242. Pembimbing Skripsi : Dr. Susanto,M.Or. Kata Kunci : Game Based Learning, Hasil Belajar, Media Pembelajaran Game Kahoot. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya proses pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional sehingga proses pembelajaran dirasa kurang optimal, yang akhirnya mempengaruhi hasil pencapaian peserta didik dalam belajar. Media game based learning berupa game kahoot merupakan media pembelajaran interaktif berbasis game online yang memudahkan pengguna dalam pengaplikasiannya untuk proses pembelajaran di kelas. Penggunaan media pembelajaran yang menarik diharapkan dapat mendukung proses belajar mengajar serta meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada media pembelajaran kahoot berbasis game based learning pada pembelajarn IPAS terhadap hasil belajar peserta didik. Kemudian tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan pada media pembelajaran kahoot berbasis game based learning pada pembelajarn IPAS terhadap hasil belajar peserta didik, penelitian ini bertempat di SD Islam Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen atau eksperimen semu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas IV A sebagai kelas Ekperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 52 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu dengan tes (pretest dan posttest) dan dokumentasi Analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat meliputi uji normalitas, homogenitas, sedangkan uji hipotesis peneliti menggunakan uji paired sample ttest dengan bantuan SPSS 22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan penerapan media pembelajaran kahoot berbasis game based learning pada pemelajaran IPAS terhadap hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar Islam Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Hal ini terbukti melalui uji paired t-test dengan nilai sig.(2-tailed) yang diperoleh adalah 0,010 dan 0,000 < 0,05. Jadi berdasarkan kriteria pengambilan keputusan jika nilai sig.(2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Besar pengaruh dari penggunaan media terhadap pemahaman dapat dilihat melalui mean pair 1 kelas kontrol yaitu 5.96154 dan mean pair 2 kelas eksperimen yaitu 15.00000 yang mana 15.00000 > 5.96154. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruhnya penerapan media kahoot berbasis game based learning pada pembelajaran IPAS kelas IV terhadap hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar Islam Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205213242 SYAROTUN NABILAH
Date Deposited: 17 Sep 2025 04:08
Last Modified: 17 Sep 2025 04:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62081

Actions (login required)

View Item View Item