PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN 7 TULUNGAGUNG PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI

SINDRIA KAMA RAMADHANTY, 126204211071 and MISWANTO, 198508272011011006 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN 7 TULUNGAGUNG PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsN 7 Tulungagung pada Materi Relasi dan Fungsi” ini ditulis oleh Sindria Kama Ramadhanty, NIM. 126204211071, dengan pembimbing Dr. Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Numbered Head Together, Kemampuan Komunikasi Matematis, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa, yang turut mempengaruhi hasil belajar. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang efektif. Karena kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar saling berkaitan, maka dibutuhkan model pembelajaran yang sesuai dan melibatkan keaktifan siswa. Dengan ini, peneliti menghubungkan model pembelajaran Numbered Head Together dalam kaitannya dengan kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 7 Tulungagung pada materi relasi dan fungsi. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII MTsN 7 Tulungagung pada materi relasi dan fungsi. (2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 7 Tulungagung pada materi relasi dan fungsi. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 7 Tulungagung pada materi relasi dan fungsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment bentuk Posttest Only Control design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Banyaknya sampel dalam penelitian ini adalah 76 siswa, dengan kelas VIII A berjumlah 38 siswa sebagai kelas eksperimen yang menerima model pembelajaran Numbered Head Together dan kelas VIII B berjumlah 38 siswa sebagai kelas kontrol yang menerima pembelajaran konvensional dengan metode caramah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII MTsN 7 Tulungagung pada materi relasi dan fungsi. (2) Ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 7 Tulungagung pada materi relasi dan fungsi. (3) Ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 7 Tulungagung pada materi relasi dan fungsi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204211071 SINDRIA KAMA RAMADHANTY
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:36
Last Modified: 23 Sep 2025 03:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62345

Actions (login required)

View Item View Item