ZHAFIRA ZAHRADIAN FITRIANI, 126204211080 and MISWANTO, 198508272011011006 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DENGAN MEDIA CANVA PADA MATERI FUNGSI TRIGONOMETRI SISWA KELAS XI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (299kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (162kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (314kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dengan Media Canva pada Materi Fungsi Trigonometri Siswa Kelas XI” ini ditulis oleh Zhafira Zahradian Fitriani, NIM. 126204211080, dosen pembimbing Dr. Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Media Canva, Fungsi Trigonometri. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan materi fungsi trigonometri, termasuk pada materi dasar. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang berpusat pada siswa serta minimnya penggunaan media pembelajaran yang menarik yang dapat meningkatkan partisipasi dan minat siswa untuk belajar. Akibatnya, siswa yang mampu memahami materi hanya sedikit dan mayoritas masih mengalami kesulitan. Melalui penerapan model problem based learning yang menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaran, siswa didorong untuk berpikir kritis dan mengaitkan pengetahuan yang dimiliki untuk memecahkan permasalahan dunia nyata. Model pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi salah satu strategi dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan media canva pada materi Fungsi Trigonometri siswa kelas XI SMAN 1 Karangrejo, dan (2) mengetahui besar pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan media canva psiswa kelas XI SMAN 1 Karangrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan desain posttest-only control design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI-A sampai XI-D yang termasuk jurusan IPA di SMAN 1 Karangrejo dengan jumlah 156 siswa, sedangkan untuk sampelnya adalah kelas XI-C yang berjumlah 39 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XI-D yang berjumlah 39 siswa sebagai kelas eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling non-probability sampling, yaitu purposive sampling. Adapun teknik pengambilan data yang digunakan adalah soal tes dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Independent Sample t-test. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan (1) ada pengaruh positif model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Fungsi Trigonometri dengan media canva siswa kelas XI SMAN 1 Karangrejo yang ditunjukkan dengan perolehan nilai Sig. (2-tailed) 0,000<0,05 dan t_hitung>t_tabel (6,166>1,992) yang artinya H_0 ditolak dan H_1 diterima, (2) model problem based learning memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi Fungsi Trigonometri dengan media canva siswa kelas XI SMAN 1 Karangrejo yang ditunjukkan dengan perolehan nilai effect size sebesar 0,33 yang termasuk dalam kategori efek besar (0,33>0,25).
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | 126204211080 ZHAFIRA ZAHRADIAN FITRIANI |
| Date Deposited: | 25 Sep 2025 04:52 |
| Last Modified: | 25 Sep 2025 04:52 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62410 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
