RIZA OKTAVIANA PUTRI, 126210203134 (2024) PROBLEMATIK GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MENULIS SURAT RESMI DAN PRIBADI DI KELAS VII MTSN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (939kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (562kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (606kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (765kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (649kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (530kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Putri, Riza Oktaviana, 2024. Problematik Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Menulis Surat Resmi dan Pribadi di Kelas VII MTsN 5 Tulungagung. Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah. Pembimbing Skripsi: Lilis Anifiah Zulfa, M. Pd. Kata kunci : Kurikulum Merdeka, Menulis Surat resmi dan pribadi, Problematik Kurikulum merdeka merupakan program kebijakan baru yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebagai langkah untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, serta memitigasi ketertinggalan pendidikan (learning loss) akibat pandemi covid-19 dan kemajuan zaman. Pembaharuan kurikulum merdeka membawa perubahan dalam penerapannya, guru diharuskan untuk memiliki kreativitas dalam menghasilkan pembelajaran yang lebih aktif sesuai dengan minat dan kemampuan peserta didik. MTsN 5 Tulungagung merupakan salah satu madrasah yang mengimplementasikan kurikulum merdeka Pelaksanaan kurikulum merdeka membawa perubahan dalam kegiatan belajar mengajar yang harus disesuaikan oleh guru, dengan adanya keterbatasan referensi dan kurangnya pengalaman dalam menerapkan kurikulum baru tentunya akan menimbulkan problematik yang harus dialami oleh guru bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematik penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran menulis surat resmi dan pribadi di kelas VII MTsN 5 Tulungagung dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematik dalam penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran menulis surat resmi dan pribadi di kelas VII MTsN 5 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalaui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguatkan temuan data supaya dapat di percayai, peneliti menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematik guru dalam menerapkan kurikulum merdeka pada pembelajaran menulis surat resmi dan pribadi di kelas VII MTsN 5 Tulungagung yaitu guru kesulitan dalam menyusun modul ajar, penerapan pembelajaran berdiferensiasi belum optimal, kesulitan dalam menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, dan pemanfaatan media pembelajaran masih terbatas pada buku LKS dan papan tulis sehingga berdampak pada rendahnya motivasi dan partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran menulis surat resmi dan pribadi. Adapun upaya guru dalam mengatasi problematik penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran menulis surat resmi dan pribadi yaitu, mengikuti MGMP, mengikuti workshop kurikulum merdeka, dan mencari referensi metode dan media pembelajaran yang bervariasi. Dengan demikian, penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran menulis surat resmi dan pribadi masih menghadapi beberapa problematik. Namun, guru terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi dan inovasi pembelajaran sebagai langkah strategis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan menunjang keberhasilan implementasi kurikulum merdeka.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 126210203134 RIZA OKTAVIANA PUTRI |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 03:38 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 03:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62482 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |