WIRA HADI WIBOWO, 12204183311 (2024) KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI ALJABAR BERBASIS HOTS DITINJAU DARI KONEKSI MATEMATIS DI SMP INTERNASIONAL DARUL AKHWAN GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (441kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah dapat menjadi salah satu petunjuk untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai materi. Kemampuan untuk mengaitkan konsep/aturan matematika yang satu dengan yang lainnya, dengan bidang studi lain, atau dengan aplikasi pada dunia nyata atau disebut koneksi matematika dapat menjadi langkah yang tepat bagi siswa untuk terhindar dari kesalahan dalam penyelesaian. Tujuan dalam penelitian ini ialah (1) untuk mendeskripsikan kesalahan dilakukan siswa dengan kemampuan koneksi matematis tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS materi aljabar; (2) untuk mendeskripsikan kesalahan dilakukan siswa dengan kemampuan koneksi matematis sedang dalam menyelesaikan soal HOTS materi aljabar; dan (3) untuk mendeskripsikan kesalahan dilakukan siswa dengan kemampuan koneksi matematis tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS materi aljabar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa soal HOTS dan wawancara. Analisis data yang digunakan melalui tahap reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan koneksi matematis tinggi tidak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika. Siswa dengan kemampuan koneksi matematis tinggi mampu mengidentifikasi dan memanfaatkan hubungan antara berbagai konsep matematika serta mengaplikasikannya dengan benar. Selanjutnya untuk siswa dengan koneksi matematis sedang, melakukan kesalahan dalam pemilihan operasi matematika yaitu kesalahan dalam memilih operasi pembagian dimana seharusnya operasi yang harus siswa tersebut pilih ialah operasi perkalian. Sedangkan, siswa dengan kemampuan koneksi matematis rendah relatif banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah. Diantaranya yaitu melakukan kesalahan penggunaan data, kesalahan konsep dalam penerapan rumus dan kesalahan interpretasi yang disebabkan oleh pemahaman yang tidak memadai terhadap soal.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aljabar Matematika > Masalah Matermatika Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183311 WIRA HADI WIBOWO |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 06:58 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 06:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62617 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |