SHOCHIBUL WAHIB, 12306183065 (2024) ANALISIS PEMAHAMAN EKOLITERASI PADA ANAK PESISIR PANTAI POPOH MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK METODE KARYAWISATA. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (597kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Pemahaman Ekoliterasi Pada Anak Pesisir Pantai Popoh Melalui Bimbingan Kelompok Metode Karyawisata” ini ditulis oleh Shochibul Wahib NIM.12306183065, Jurusan Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Adab Dan Dakwah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Prof. Dr. Hj. Elfi Mu’awanah S. Ag, M.Pd. Kata kunci: Ekoliterasi, Anak, Bimbingan Konseling. Penelitian ini berlatar belakang tentang ekoliterasi yang diartikan sebagai kemelekan kepada lingkungan agar dapat menjaga lingkungan untuk keberlanjutan hidup. Masa depan manusia bergantung pada kesadaran ekoliterasi, untuk itu ekoliterasi penting dimiliki semua orang, ekoliterasi dapat diajarkan melalui pendidikan. Dimasa sekarang perubahan lingkungan banyak terjadi seperti kerusakan lingkungan yang mengganggu kehidupan. Kerusakan lingkungan tersebut telah terjadi di pesisir pantai popoh, karena kurangnya perhatian dan kelalaian masyarakat sekitar. Masalah tersebut perlu adanya penanganan yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat, anak memiliki peran penting dalam pengaplikasian ekoliterasi. Tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui seberapa paham anak tentang ekoliterasi di pesisir pantai popoh, untuk mengetahui bagaimana bimbingan kelompok metode karyawisata dapat meningkatkan pemahaman ekoliterasi pada anak pesisir pantai popoh. Pendekatan yang dilakukan adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam. Subjek dalam penelitian ini yaitu dua guru di SDN 6 Besole, siswa kelas VI, dan wali murid. Hasil penelitian yang dilaksanakan di pesisir pantai popoh diantaranya sebagai berikut pemahaman ekoliterasi pada anak di pesisir pantai popoh telah diberikan melalui pendidikan, namun pemahaman yang mereka miliki masih kurang, anak-anak di pesisir pantai telah menyadari keadaan lingkungan sekitarnya, namun mereka belum memiliki sikap dan tanggung jawab sepenuhnya terhadap lingkungan. Bimbingan kelompok metode karyawisata menjadi metode yang tepat yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman ekoliterasi, melalui pembelajaran dan penyadaran lingkungan, pembiasaan penyadaran lingkungan dengan cara memberikan contoh positif dari hal-hal kecil, dan menekankan kepada anak-anak tantang pentingnya menjaga lingkungan untuk keberlangsungan hidup.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 12306183065 SHOCHIBUL WAHIB |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 07:10 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 07:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62650 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |