ANNISA SYUFI MAHARANI, 126205211014 and MOH. ARIF, 198104212009121003 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AJAR PERMAINAN JENGATA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MI MANBA’UL ‘ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (677kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (567kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Ajar Permainan Jengata Terhadap motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas III MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena kurang optimalnya motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran matematika karena sudut pandang siswa terkait pembelajaran matematika yang sulit dan menegangkan yang membuat siswa kurang focus dan termotivasi saat belajar di kelas serta pembelajaran matematika yang tidak hanya teori namun harus sering melakukan latihan-latihan soal dimana siswa kebanyakan malas dan bosan ketika dihadapkan soal matematika, siswa sudah terpengaruh bahwa matematika sulit dan bosan harus menghitung, sehingga akan berpengaruh juga pada hasil belajar siswa dan juga disebabkan guru yang hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan secara pasif. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media ajar permainan jengata terhadap motivasi belajar siswa kelas III; 2) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media ajar permainan jengata terhadap hasil belajar siswa kelas III; 3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media ajar permainan jengata terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas III MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana 1) pengaruh penggunaan media ajar permainan jengata (jenga matematika) terhadap motivasi siswa kelas III MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran; 2) pengaruh penggunaan media ajar permainan jengata (jenga matematika) terhadap hasi belajar siswa kelas III MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran; 3) pengaruh penggunaan media ajar permainan jengata (jenga matematika) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas III MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran. Metode penelitian dengan menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experiment dengan penggunaan pretest dan posttest. Variabel bebas dalam penilitian ini berupa media ajar permainan jengata, variabel terikat berupa motivasi dan hasil belajar. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas III MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran sebanyak 73vsiswa. Adapun sampel yang digunakan adalah siswa kelas III A sebagai kelas eksperimen berjumlah 35 siswa dan kelas III B sebagai kelas kontrol sebanyak 38 siswa. Teknik pengumpulan datamenggunakan tes, angket, observasi, dokumentasi. Analisi data menggunakan uji normalitas dan homogenitas, uji T-test (Independent sampling T-test) dan uji Manova. Hasil penelitian ini menunjukan 1)Terdapat pengaruh penggunaan media ajar permainan jengata terhadap motivasi belajar siswa kelas III dengan nilai sig. 0,013 < 0,05; 2) terdapat pengaruh pengunaan media ajar permainan jengata terhadap hasil belajar siswa kelas III dengan nilai sig. 0,000 < 0,05; 3) terdapat pengaruh penggunaan media ajar permainan jengata terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas III dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media ajar permainan jengata terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas III
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan > Guru Pendidikan > Hasil Belajar Matematika Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205211014 ANNISA SYUFI MAHARANI |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 06:27 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 06:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62652 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |