PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AJAR PERMAINAN JENGATA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MI MANBA’UL ‘ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG

ANNISA SYUFI MAHARANI, 126205211014 and MOH. ARIF, 198104212009121003 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AJAR PERMAINAN JENGATA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MI MANBA’UL ‘ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (677kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Ajar Permainan Jengata Terhadap motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas III MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena kurang optimalnya motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran matematika karena sudut pandang siswa terkait pembelajaran matematika yang sulit dan menegangkan yang membuat siswa kurang focus dan termotivasi saat belajar di kelas serta pembelajaran matematika yang tidak hanya teori namun harus sering melakukan latihan-latihan soal dimana siswa kebanyakan malas dan bosan ketika dihadapkan soal matematika, siswa sudah terpengaruh bahwa matematika sulit dan bosan harus menghitung, sehingga akan berpengaruh juga pada hasil belajar siswa dan juga disebabkan guru yang hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan secara pasif. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media ajar permainan jengata terhadap motivasi belajar siswa kelas III; 2) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media ajar permainan jengata terhadap hasil belajar siswa kelas III; 3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media ajar permainan jengata terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas III MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana 1) pengaruh penggunaan media ajar permainan jengata (jenga matematika) terhadap motivasi siswa kelas III MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran; 2) pengaruh penggunaan media ajar permainan jengata (jenga matematika) terhadap hasi belajar siswa kelas III MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran; 3) pengaruh penggunaan media ajar permainan jengata (jenga matematika) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas III MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran. Metode penelitian dengan menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experiment dengan penggunaan pretest dan posttest. Variabel bebas dalam penilitian ini berupa media ajar permainan jengata, variabel terikat berupa motivasi dan hasil belajar. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas III MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran sebanyak 73vsiswa. Adapun sampel yang digunakan adalah siswa kelas III A sebagai kelas eksperimen berjumlah 35 siswa dan kelas III B sebagai kelas kontrol sebanyak 38 siswa. Teknik pengumpulan datamenggunakan tes, angket, observasi, dokumentasi. Analisi data menggunakan uji normalitas dan homogenitas, uji T-test (Independent sampling T-test) dan uji Manova. Hasil penelitian ini menunjukan 1)Terdapat pengaruh penggunaan media ajar permainan jengata terhadap motivasi belajar siswa kelas III dengan nilai sig. 0,013 < 0,05; 2) terdapat pengaruh pengunaan media ajar permainan jengata terhadap hasil belajar siswa kelas III dengan nilai sig. 0,000 < 0,05; 3) terdapat pengaruh penggunaan media ajar permainan jengata terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas III dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media ajar permainan jengata terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas III

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205211014 ANNISA SYUFI MAHARANI
Date Deposited: 02 Oct 2025 06:27
Last Modified: 02 Oct 2025 06:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62652

Actions (login required)

View Item View Item