SOSIALISASI PENGGUNAAN MESIN DIGITAL MELALUI KOMUNIKASI PERSUASIVE STUDI PADA PT BANK BCA KCP JOYOBOYO

REDIANSYAH BEMBI SAPUTRA, 12305183103 (2024) SOSIALISASI PENGGUNAAN MESIN DIGITAL MELALUI KOMUNIKASI PERSUASIVE STUDI PADA PT BANK BCA KCP JOYOBOYO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi persuasif merupakan upaya yang dilakukan oleh seorang komunikator untuk mempengaruhi audiens atau komunikan untuk bertindak, bersikap dan beropini sesuai dengan kemauan komunikator. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data terbagi menjadi dua yaitu primer dan sekunder. Sumber data primer berasal dari hasil wawancara dan sumber data sekunder berasal dari buku, jurnal dan internet yang berfungsi untuk melengkapi data primer. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui manfaat dari fasilitas layanan mesin CS digital dan e-Service pada bank BCA KCP Joyoboyo dan model strategi komunikasi persuasif yang digunakan oleh customer service experience BCA KCP Joyoboyo dalam mengarahkan nasabah untuk menggunakan layanan mesin CS Digital dan eService saat transaksi. Hasil dari penelitian ini adalah inovasi berupa mesin digital memiliki manfaat baik dari sudut pandang nasabah maupun perusahaan. Dari sudut pandang nasabah, mesin tersebut memberikan manfaat karena memangkas waktu mengantre dan penggunaannya tergolong praktis. Dari sudut pandang perusahaan, mesin tersebut menambah nilai salah satu misi PT Bank Central Asia Tbk. Selanjutnya, teknik komunikasi persuasif yang dilakukan oleh petugas CXO telah memuat unsur dasar keberhasilan komunikasi persuasif berupa karakteristik sumber, karakteristik pesan dan karakteristik penerima serta teori Source attractivesness berupa sumber daya tarik, sumber kepercayaan, etos dan profesional. Strategi tersebut terbukti berhasil ketika dilakukan oleh petugas CXO dengan ditandai bahwa nasabah yang sebelumnya enggan untuk menggunakan fasilitas layanan mesin digital menjadi mau dan mendapatkan respon positif berupa rasa puas, cepat dan nyaman. Kata Kunci: Komunikasi Persuasif, CXO, Layanan Mesin Digital Perbankan

Item Type: Skripsi
Subjects: Media Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 12305183103 REDIANSYAH BEMBI SAPUTRA
Date Deposited: 01 Oct 2025 07:21
Last Modified: 01 Oct 2025 07:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62674

Actions (login required)

View Item View Item