MOCHAMAD ZULFIKA NAKHRONI, 126407213122 and CITRA MULYA SARI, 199305272019032031 (2025) STRATEGI PEMASARAN WISATA EDUKASI KAMPUNG TANI TULUNGAGUNG DALAM MENINGKATKAN MINAT WISATAWAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (119kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (156kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (323kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (909kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Wisata Edukasi Kampung Tani Tulungagung merupakan wisata berbasis edukasi. Hingga saat ini, Wisata Edukasi Kampung Tani tetap berdiri dan menjadi tempat belajar sekaligus rekreasi bagi Masyarakat. Akan tetapi meskipun berbagai program dan kegiatan yang menarik telah disiapkan, masih terdapat kesenjangan antara potensi yang dimiliki dengan tingkat kunjungan wisatawan yang datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan perencanaan strategi pemasaran wisata edukasi kampung tani Tulungagung dalam meningkatkan wisatawan, 2) mendeskripsikan penerapan strategi wisata edukasi kampung tani Tulungagung dalam meningkatkan meningkatkan kunjungan wisatawan, dan 3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi wisata edukasi kampung tani Tulungagung dalam meningkatkan wisatawan Pendekatan ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif pada Wisata Edukasi Kampung Tani Tulungagung. Data diperoleh melalui wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu konsep Miles dan Hubermen. Kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Perencanaan strategi pemasaran wisata edukasi Kampung Tani Tulungagung menunjukkan pendekatan unik melalui penggabungan antara wisata edukatif dan rekreatif berbasis alam dan kearifan lokal. Dengan menyasar semua kalangan usia serta menawarkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna. 2) Penerapan strategi pemasaran 7P yang mencakup aspek produk, harga, tempat, promosi, proses, orang, dan fasilitas fisik telah berjalan cukup efektif. Penawaran produk yang edukatif, harga yang terjangkau, lokasi strategis, promosi aktif melalui media sosial dan komunitas, sistem pelayanan yang tertata, fasilitator yang kompeten, serta fasilitas pendukung yang terus ditingkatkan menjadi kekuatan utama dalam menarik dan mempertahankan minat wisatawan Kampung Tani Tulungagung. 3) Strategi pemasaran Kampung Tani Tulungagung didukung oleh potensi alam yang melimpah, strategi promosi diferensiatif, dan keterlibatan komunitas lokal. Kendala yang dihadapi yaitu promosi yang belum maksimal, keterbatasan lahan yang luasnya hanya 2 hektar, serta pengelolaan anggaran yang masih terpusat. Pengelola menerapkan strategi seperti peningkatan promosi digital, perencanaan bertahap, evaluasi berkelanjutan, serta upaya perbaikan manajemen anggaran.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pariwisata |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah |
| Depositing User: | 126407213122 MOCHAMAD ZULFIKA NAKHRONI |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 01:06 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 01:06 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62783 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
