AFAF 'IZZATUNNAFSI, 126211211002 and MUHAMMAD LUQMAN HAKIM ABBAS, 198802172023211025 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ANIMASI DAN GAMES EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TATA SURYA KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (637kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (398kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (348kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Animasi dan Games Edukatif pada Materi Tata Surya Berbasis PowerPoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol” ini ditulis oleh Afaf ‘Izzatunnafsi, NIM. 126211211002, dengan pembimbing Muhammad Luqman Hakim Abbas, S.Si, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa terhadap materi Tata Surya yang bersifat abstrak serta keterbatasan media pembelajaran konvensional yang masih menggunakan buku teks dan PowerPoint statis menjadi latar belakang penelitian ini. Berdasarkan hasil angket analisis kebutuhan, 77,8% siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi Tata Surya, dan 97,1% siswa menyatakan lebih tertarik belajar menggunakan animasi dan game. Hal ini menjadi peluang untuk menghadirkan media pembelajaran yang bersifat interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint menggunakan animasi dan games edukatif pada materi Tata Surya, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan, (3) Mengetahui kepraktisan media dalam proses pembelajaran, dan (4) Mengukur efektivitas media dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Sumbergempol dengan subjek 72 siswa kelas VII A dan C. Instrumen pengumpulan data berupa wawancara, angket kebutuhan siswa, angket validasi oleh ahli materi, ahli media, dan guru IPA, serta angket respon siswa dan posttest. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint dengan animasi dan games edukatif berhasil dikembangkan melalui langkah-langkah Analysis, Desain, Develepment, Implementation dan Evaluasi, (2) Kelayakan media berdasarkan validasi ahli materi menunjukkan Presentase sebesar 85,83% dengan kategori valid dan validasi ahli media menunjukkan skor presentase rata-rata yakni sebesar 76,56% dengan kategori cukup valid, sehingga media dinyataakan valid. (3) Kepraktisan media menunjukkan skor presentase 86,52% dengan kategori sangat menarik dan mudah digunakan, (4) Efektivitas media ditunnjukkan melalui hasil posttest, dengan rata-rata ketuntasan kelas kontrol sebesar 54% dan kelas eksperimen 80%. Uji Mann-Whitney U menunjukkan Asymp. Sig. 0,032 (< 0,05) dan effect size 0,568 (kategori sedang). Hasil ini menunjukkan media interaktif berbasis PowerPoint dengan animasi dan games edukatif efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 126211211002 AFAF 'IZZATUNNAFSI |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 08:33 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 08:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62908 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |