PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI STATISTIKA KELAS VIII MTSN 7 KEDIRI

ALDITA AINUR ROSYIDAH, 126204211003 and MARYONO, 198103302005011007 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI STATISTIKA KELAS VIII MTSN 7 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul ”Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Statistika Kelas VIII MTsN 7 Kediri” ini ditulis oleh Aldita Ainur Rosyidah, NIM. 126204211003, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Flipped Classroom, Wordwall, Hasil Belajar Statistika Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi pembelajaran yang dilakukan di kelas VIII MTsN 7 Kediri dimana guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Kegiatan pembelajaran terpusat pada guru sehingga peserta didik cenderung pasif dan mudah bosan karena model pembelajaran yang digunakan terkesan monoton dan sebagian besar peserta didik menganggap bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang susah dan tidak menyenangkan. Sehingga hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi Statistika Kelas VIII di MTsN 7 Kediri, (2) Untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi Statistika Kelas VIII di MTsN 7 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental research) dengan desain The nonequivalent posttest-only control group design. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model pembelajaran Flipped Classroom sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Populasinya adalah siswa kelas VIII MTsN 7 Kediri yang terdiri dari 12 kelas dengan jumlah 420 anak. Teknik sampling yang digunakan yaitu Teknik Purposive Sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa dan kelas kontrol yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Uji analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan IBM SPSS Statistic 25. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika Kelas VIII di MTsN Kediri, dengan taraf signifikansi sebesar 0,005. 2) Besar Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Statistika Kelas VIII MTsN 7 Kediri adalah 0,7734 atau dalam tabel cohen’s menunjukkan persentase pengaruh sebesar 76%, dengan kategori persentase tersebut tergolong sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204211003 ALDITA AINUR ROSYIDAH
Date Deposited: 08 Oct 2025 03:20
Last Modified: 08 Oct 2025 03:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62984

Actions (login required)

View Item View Item