ALDITA AINUR ROSYIDAH, 126204211003 and MARYONO, 198103302005011007 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI STATISTIKA KELAS VIII MTSN 7 KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (199kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (146kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (268kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul ”Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Statistika Kelas VIII MTsN 7 Kediri” ini ditulis oleh Aldita Ainur Rosyidah, NIM. 126204211003, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Flipped Classroom, Wordwall, Hasil Belajar Statistika Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi pembelajaran yang dilakukan di kelas VIII MTsN 7 Kediri dimana guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Kegiatan pembelajaran terpusat pada guru sehingga peserta didik cenderung pasif dan mudah bosan karena model pembelajaran yang digunakan terkesan monoton dan sebagian besar peserta didik menganggap bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang susah dan tidak menyenangkan. Sehingga hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi Statistika Kelas VIII di MTsN 7 Kediri, (2) Untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi Statistika Kelas VIII di MTsN 7 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental research) dengan desain The nonequivalent posttest-only control group design. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model pembelajaran Flipped Classroom sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Populasinya adalah siswa kelas VIII MTsN 7 Kediri yang terdiri dari 12 kelas dengan jumlah 420 anak. Teknik sampling yang digunakan yaitu Teknik Purposive Sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa dan kelas kontrol yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Uji analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan IBM SPSS Statistic 25. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika Kelas VIII di MTsN Kediri, dengan taraf signifikansi sebesar 0,005. 2) Besar Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Statistika Kelas VIII MTsN 7 Kediri adalah 0,7734 atau dalam tabel cohen’s menunjukkan persentase pengaruh sebesar 76%, dengan kategori persentase tersebut tergolong sedang.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | 126204211003 ALDITA AINUR ROSYIDAH |
| Date Deposited: | 08 Oct 2025 03:20 |
| Last Modified: | 08 Oct 2025 03:20 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62984 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
